Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Cara Mudah Dan Cepat Bikin Video Original dan 100% Lolos Copyright Untuk Youtube

Hai sobat kembali lagi nih saya akan berbagi inspirasi bagi kalian yang kebetulan sedang butuh update channel di Youtube dan kebingungan mendapatkan video original pluas lolos copyright.

Cara Cepat Bikin Video Original dan Lolos Copyright Untuk Youtube

Bagi youtuber pemula memiliki video original setiap hari dan mengunggahnya di Channelnya tentu sangat penting, agar pundi-pundi penghasilan dari Youtube terus meningkat.

Bagitu juga bagi Youtuber yang kebetulan hendak memonetisasi Channelnya, sebab aturan CopyRight dari pihak Google sendiri sangat ketat.

Google sangat memperhatikan  dan menghargai "Hak Cipta", sehingga kita tidak bisa dengan mudah menggugah atau re-upload video orang lain, karena itu bisa menyebabkan pelanggaran hak cipta.
Ok langsung saja, intinua tulisan ini akan membahas cara paling mudah dan cepat bikin video original dan lolos copyright 100% sukses.

Tahap Persiapan

Persiapannya-pun cukup mudah kalian hanya butuh beberpa komponen pendukung berikut ini :
  1. Handphone Android
  2. Aplikasi Game, Game apa saja.
  3. Aplikasi Homscreen Recoreder [Perekam Layar Hanphone]
Note : Banyak sekali Aplikasi Homscreen yang bisa kalian download melalui playstore, dalam hal ini saya rekomendasikan, gunakanlah aplikasi ADV Screen Recorder [download dari playstore, gratis]

Sudah itu saja. Lho kok hanya itu? tidak butuh sebuah aplikasi? nanti saya jelaskan, untuk mempermudah saya jelaskan menggunakan jawaban pada beberapa pertanyaan berikut ini.

Kenapa hanya pakai handphone android? Ya karena video yang akan kita buat, kita ambil langsung dari aktifitas handphone kita sendiri.

Video seperti apa yang akan kita buat? Sebelum saya jawab pertanyaan ini, saya yakin kalian yang punya Android, sewaktu-waktu main game, bahkan punya game kesukaan di handphone kalian. Betul?

Jika tidak, ya segeralah download game di playstore, cari game yang paling kalian sukai deh, hehe.

Buat apa? kita akan bikin video byang berisi aktifitas permain game kita sendiri.

Jadi secara teknis begini, misalnya saya main game, seketika itu saya aktifkan sebuah aplikasi yang bisa merekam layar handphone saya.

Usai main game, aktifitas permainan game saya tadi, saya simpan dan secara otomatis menjadi video original, dan bebas copyrught.

Lho kok bisa? ya bisa, meski game tersebut milik sebuah developer game, tapi yang kita rekam adalah aktifitas permainan game kita sendiri, teknik permainan kita sendiri, bukan orang lain. paham?

Tahap Teknis

Untuk tahapan aplikatif ini, silahkan sobat ikuti saja panduannya :
  1. Buka Aplikasi Homescreen yang sudah didownload dan diInstal di handphone.
  2. Buka aplikasi game, dan aktifkan aplikasi homescreen.
  3. Saat Aplikasi Homescreen berjalan, lanjutkan dengan bermain game, sampai kira-kira lebih dari 10 menit [sampai permainan gam usai]
  4. Matikan Aplikasi Homscreen, otomatis video aktifitas latah handphone terekam menjadi sebuah video.
  5. Rubah nama video yang sudah tersimpan dengan judul yang sesuai target kata kunci [keyword targeting]
  6. Upload di channel youtube sobat, dan selesai.

Note : Sebelum proses uploading,Jika kapasitas video dinilai terlalu besar, silahkan lakukan convert, agar ukurannya lebih kecil. caranya, pakai aplikasi convert video pilihan dari playstore

Coba kalian lihat contoh video yang saya buat berikut ini :


Keterangan Video:
Mungkin jawaban dari beberapa pertanyaan berikut ini, bisa lebih memperjelas dan memberikan pemahaman :


  1. Kok Ada gambar Thumbnail? [Gambar ini saya buat menggunakan wicrsoft office, sangat sederhana kalian pasti bisa membuatnya]
  2. Audio dapat darimana?, saya gunakan audio legal yang sudah disediakan youtube, silahkan cari dari Pustaka Audia di Google.
  3. Bagaimana Cara bikin Opening Video? [untuk opening video saya bikinnya sangat sederhana sekali, InsyaAllah akan saya ulas dalam tulisan lain]


Nah, bagaimana sudah mendapatkan inspirasi? coba saja lakukan langkah-langkah dan tahapan di atas, dijamin kalian bisa punya video original dan lolos copyright 100 %, dan siap dijadikan updating koleksi video di chanel Youtube.

Sebagai tambahan, tutorial ini saya anggap sangat mudah dan cepat. Mudah, lantaran kita tidak perlu editing video, bahkan kita bikin videonya sangat happy, soalnya sambil main game.

Cepat, ya karena tidak terasa, orang main game rata-rata tidak ingat waktu, jadi terasa sangat cepat, betul kan? coba deh buktikan. Kalau berhasil atau ada yang tidak paham silahkan tanya-tanya disini ya.

Berikutnya saya akan beberkan sebuah rahasia, berupa panduan upload agar tidak terkena suspended pihak Youtube. penasaran? silahkan baca : Panduan Mudah Upload Video Youtube Aman Dari Suspend, Semoga bikin semangat
Tag : Adsense, Youtube
5 Komentar untuk "Cara Mudah Dan Cepat Bikin Video Original dan 100% Lolos Copyright Untuk Youtube"

Mantap tips nya kang oim, sangat membantu para vlogger seperti saya. Btw kalau pakai suara asli game apakah kena copyright??

Maklum kang, namanya juga blog inspirasi.... suara Game asli, sepengalaman saya tidak melanggar hak cipta, namun lebih baik ditambah suara baru dari pustaka yang sudah disediakan youtube

Nice info. Gan, kalau yang suka buat slide foto di sertai musik itu gimana? Fotonya dari mana and musik legalnya dari mana?

Gambar cari di google atau bing, cari yang legal, kalau musik bisa pakai musik yang sudah legal dari youtube, googling gan

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top