Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Elemen-Elemen Input Pada Komputer [Input Devide]

Memiliki komputer canggih pasti menjadi impian setiap orang terutama yang memiliki aktifitas tinggi menggunakan perangkat cerdas tersebut. Namun tidak semua orang tahu cara merawatnya, sehingga ketika terjadi kerusakan baik pada sistem software maupun hardware, akhirnya lebih memilih mengandangkannya di tempat service komputer, dan tentu harus membayar mahal untuk perbaikan .

Elemen-Elemen Input Pada Komputer [Input Devide]

Padahal jika mau memahami beberapa perangkat yang masuk ke-komputer, maka perbaikian bisa dilakukan sendiri di rumah.

Salah satu kerusakan yang paling sering terjadi pada perangkat komputer adalah kerusakan pada keyboard, pada mouse. Bagi orang yang tidak tahu fungsi dari keduanya, ketika terjadi kerusakan maka komputernya segera dibawa ke tukang service, padahal jika diperbaiki sendiri kemungkinan besar berhasil.

Apakah kalian pernah mengalami hal tersebut? Jika penasaran cara memperbaiki mouse yang rusak silahkan cari saja di blog ini.

Ok kembali ke topik bahasan, lantas apa sajakah elemen-elemen komputer itu? Scara garis besar elemen-elemen komputer itu ada dua [selain komputer itu sendiri], yakni elemen input dan output.
Bahasa mudahnya, perangkat yang masuk pada sisitem pengoperasian komputer dan perangkat yang dihasilkan atau keluar dari sistem komputer tersebut.

Dan pada kesempatan kali ini, saya tidak mungkin membahas secara keseluruhan baik Input Device dan sekaligus Output Devise, saya akan hanya akan membahas tentang perangkat input pada komputer saja.

Tapi tenang, tulisan ini tentunya akan dilanjutkan, sebagai rasa tanggung jawab saya pada para pembaca.

Perangkat Input Pada Komputer

Elemen penting yang masuk pada sisitem operasi komputer biasa diistilahkan dengan Input Device, yang nantinya aka nada beberapa periintah pengoperasiansistem baik melalui signal input, atau maintance input. 

1. Keyboard

Keyboard sendiri juga berasal dari Bahasa inggris yang secara Bahasa berarti “papan kunci”, dalam dunia teknologi Keyboard merupakan alat berbentuk papan yang berisi tombol-tombol yang berisi perintah pengetikan huruf, angka maupun simbol-simbol lainnya.

Ada perbedaan mendasar antara keyboard pada computer dan keyboard pada mesin ketik. Pada mesin ketik, tulisan yang dihasilkan tidak bisa dirubah / cancel, dan hasilnya-pun langsung bisa dilihat pada halaman kertas.

Sementara pada perangkat komputer, Keyboard tentu lebih canggih, karena sewaktu-waktu bisa mengedit tulisan [delete atau cancel], sebab tulisan tidak langsung tercetak pada kertas, melainkan masih bisa disimpan di komputer itu sendiri.

Sementara konektor pada keyboard komputer tidak jauh berbeda dengan Mouse, yakni menggunakan serial, PS2, USB dan tanpa kabel atau wireless.

2. Mouse

Secara Bahasa kata Mouse bermakna tikus, sementara dalam istilah teknologi komputer, mouse dipahami sebagai alat bantu guna menggerakan pointer dengan icon khusus [biasanya berupa icon panah kecil]

Arah panah pada pointer ini akan bergerak [baik horizontal maupun vertikal] sesuai dengan gerakan alat pengendali yang sudah terpatri didalamnya.

Ada dua alat pengendali pada perangkat mpouse ini, yakni pengendali berupa bola, jenis moause semacam ini biasanya disebut dengan mouse tracball, dan ada pula yang berupa alat sensor berwarna merah, jenis moause ini disebut mouse optical.

Mouse dihubungkan dengan komputer menggunakan kabel dengan konektor serial, PS2, dan USB. Namun ada pula yang menggunakan teknologi tanpa kabel, dengan jaringan wirelees

3. GamePad dan Joystick

GamePad merupakan alat bantu yang berisi perintah pada sistem komputer, alat ini memiliki beberapa tombol khusus yang dioperasikan oleh jari-jari pada tangan kanan dan kiri.

Sementara Joystick, memiliki kecanggihan melebihi GamePad, sebab Joystick tidak hanya memiliki beberapa tombol saja, melainkan juga ada tuas khusus [semacam tuas gigi pada sebuah mobil, atau tuas pesawat terbang] yang bisa digerakkan horizontal dan vertical.

Kedua perangkat input ini biasanya digunakan untuk permainan game pada komputer.

4. Scanner

Salah satu elemen input pada komputer yang paling penting adalah scanner, yang mana cara kerjanya seperti mesin fotocopy.

Namun, untuk hasil dari fotocopy dapat langsung tampil pada kertas, sementara hasil dari scanner, tidak langsung tampil pada kertas, melainkan masih tersimpan pada layar monitor, untuk selanjutnya dihasilkan dalam bentuk file dokumen, jpg dan lain sebagainya.

Konektor pada scanner biasanya menggunakan serial atau USB, dan sangat jarang sekali ada perangkat scanner yang menggunakan wirelees.

Kesimpulan

Dari uraian diatas dapat disimpulan:
  1. Sistem teknologi komputer memiliki empat elemen atau perangkat masuk [input device] penting, untuk menghasilkan perintah pengoperasian, yakni Mouse, Kyeboard, GamePad atau Joystick dan Scanner
  2. Setiap perangkat memiliki konektor tersendiri
  3. Jika terjadi error pada kinerja perintah keempat elemen tersebut, jangan terburu-buru membawa komputer anda ke service, tapi perhatikan terlebih dahulu kerusakan pada perangkatnya, maupun pada konektornya


Nah, apakah kalian sudah mengetahui perangkat-perangkat input pada komputer diatas? semoga saja kalian tidak tergesa-gesa untuk memfonis bahwa komputer kalian rusak, tapi lebih baik perhatikan terlebuh dahulu beberapa perangkat yang masuk pada komkputer diatas. semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Elemen-Elemen Input Pada Komputer [Input Devide]"

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top