Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Langkah Upgrade Google Adsense Hosted Youtube Menjadi Non Hosted

Memiliki Account Google Adsense tentu menjadi impian setiap blogger, namun untuk memilikinya tidak gampang, dibutuhkan banyak pengorbanan, mulai tenaga, waktu, fikiran bahkan finansial. Melengkapi tulisan sebelumnya, kali ini saya akan berbagi tips atau langkah-langkah meng-upgrade Account Google Adsense Hosted ke Non Hosted. 

Upgrade Adsense Hosted Youtube Menjadi Non Hosted

Namun tentu, kalian harus mengikuti langkah sebelumnya, yakni Cara mudah daftar Account Google Adsense Via Youtube, karena panduan ini melalui proses Youtube yang sudah diterima oleh Google Adsense.

Banyak para blogger yang mengambil jalan pintas, dengan membeli acoount Google Adsense Non Hosted, yang saat ini harganya berkisar antara 2 hingga 3 juta. mahal kan?

Tapi sebelumnya, mungkin masih ada yang bertanya apa sih manfaat dari Account Google Adsense Non Hosted? Apa perbedaannya dengan Account Hosted?

Ciri-Ciri Account Google Adsense Hosted

  • Account Google Adsense Hosted, pendaftarannya cukup mudah, bisa melalui Youtube maupun Blogger / Blogspot.
  • Membutuhkan review / Tinjauan satu kali dari team Google.
  • Iklan bisa dipasang di Mitra Google saja, yakni Youtube dan Blogger/ Blogspot.
  • Terdapat notifikasi berupa "Hosted Account" berwarna merah, pada profil pemilik, di sebelah kanan atas. 
  • Iklan tidak bisa dipasang dan tidak tampil di blog dengan domain TLD [Top Level Domain], semisal domain yang berakhiran .com, .net, .org dan lain sebagainya.
  • Memiliki akses upgrade, pada bilah other products
Note : Sejak tahun 2013, Account Google Adsense Hosted yang didapat dari pendaftaran via Youtube, sudah tidak bisa lagi dipasang di blogspot 


Ciri-Ciri Account Google Adsense Non Hosted

  • Pendaftaran relatif sulit, sebab harus melalui dua tahapan review dari team Google Adsense
  • Iklan bisa tampil di youtube, blogger/ blogspot dan di domain TLD [Top Level Domain]
  • Tidak ada notifikasi berupa "hosted account" berwarna merah pada bagian profil di sebelah kanan atas
  • Tidak memiliki akses upgarde, pada bilah other products di dashbor Adsense

Ok kembali pada topik utama, saya anggap kalian sudah memiliki Account Google Adsense Hosted, yang nantinya akan di Upgrade menjadi Non Hosted.

Agar proses upgrade berhasil, tentu ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan, yang saya pilah menjadi dua tahap. Yakni tahap persiapan dan tahap upgrade

Tahap Persiapan

Ada beberapa item yang perlu dipersiapkan untuk melakukan upgrade, yaitu :
1. Memiliki Blog dengan kriteria :
  • Sudah menggunakan domain TLD, baik .com, .net, .org, dan lain-lain
  • Usahakan satu niche [satu topik bahasan], bukan blog gado-gado [banyak topik]
  • Topik memiliki keunikan dan layak untuk dipasang iklan, seperti topik kesehatan, otomotif, trading dan lain sebagainya
  • Umur blog lebih dari 1 bulan
  • Artikel sudah melebihi 15 judul
  • Sudah di-submit di Google Webmastertools / Google Console, Bing, dan sudah dipasang Google Analytic
  • Seluruh artikel sudah terindeks dengan baik di pencarian
  • Tidak ada link error baik link keluar maupun link antar artrikel
  • Memiliki atribut yang wajib, seperti about us, contact, disclaimer, privacy policy, sitemap
  • Tidak menggunakan widget selain recent post dan atau kategori / label
  • Pengunjung stabil bukan dari media sosial hasil share post.
2. Jadikan account Google Adsense Hosted sebagai admin / pemilik blog
3. Lakukan otorisasi blog pada bagian otorisasi site di dashbor Google Adsesnse

Setelah tahap pertama dilakukan dengan benar, saatnya melangkah pada tahap berikutnya, yakni tahap upgrade.

Tahap Upgrade

Demi kelancaran upgrade, perhatikan koneksi internet terlebih dahulu, serta pastikan seluruh riwayat atau history dan chokies telah dihapus dari brwoser yang kalian gunakan.

Bagaimana cara menghapus history dan chokies? saya contohkan, jika menggunakan browser chrome, silahkan ketik "history.google.com" [tanpa tanda petik] di kolom pencarian.

Selanjutnya pilih "Hapus Aktifitas", pada pilihan hapus menurut tanggal, dan ganti dengan "sepanjang waktu", lalu tekan "hapus".

Selanjutnya hapus riwayat penelusuran, silahkan tekan bagian menu dibagian atas kanan, pilih history / riwayat, selanjutnya tekan "clear browsing data", centang semua pilihan yang ada, dan pilih "the begining of time", terakhir tekan "clear browsing data"

Untuk memastikan bahwa IP address yang kalian pakai dianggap baru, matikan sejenak [sekitar 5 menit] koneksi internet, dan hidupkan kembali.

Dengan demikian, seluruh aktifitas koneksi internet, IP address yang digunakan, serta aplikasi browser sudah dianggap bersih dan siap untuk digunakan upgrade.

Berikut ini langkah-langkah upgradenya.

  1. Login ke account google adsense hosted kalian
  2. Pilih Home
  3. Tekan "My Ads"
  4. Pilih Other Products
  5. Disitu kalain akan melihat halaman baru, berupa kesiapan untuk menayangkan iklan di blog, dan inilah yang disebut dengan proses upgrade.
  6. Masukkan alamat blog yang sudah dipersiapkan pada tahap pertama tadi, misalnya www.blogkalian.com"
  7. Tekan Submit.


Nah, Selanjutnya kalian harus memasang iklan pada blog, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Masih di dashbor Adsense, kembali ke "home"
  2. Pilih "My Ads"
  3. Tekan "Ad Unit"
  4. Pilih "New Ad Unit", silahkan pilih ukuran iklan sesuai selera. Namun disarankan menggunakan rekomendasi Google Adsense, pilih yang auto dan responsive, karena ini yang direkomendasikan.
  5. Terakhir tekan "Save and Get Code" [simpan dan dapatkan kode iklannya].
  6. Copy kode tersebut, dan simpan di Notepad
  7. Buka blog kalian yang sudah dipersiapkan tadi, melalui situsnya, jika menggunakan platform blogger, masuk melalui blogger.com
  8. Pada halaman utama blog, pilih "Tata Letak"
  9. Pilih "Tambahkan Gadget" dan pilih "HTML/ Java Script"


Note : Sangat direkomendasikan untuk memasang iklan pada sidebar bagian atas saja, sebab tenpat tersebut sangat disukai oleh pihak google

Setelah kalian melalui langkah-lngkah diatas, kalian sudah melakukan proses upgrade Account Google Adsense Hosted ke Non Hosted dengan benar.

Team Google Adsense akan melakukan review langsung pada tahap kedua, dan biasanya akan ada email penerimaan atau penolakan 3 x 24 Jam.

Pada masa review kedua ini, tidak diperkenankan mengedit apapun, baik template maupun sekedar untuk menambah label / kategori, kecuali menambah tulisan atau posting. Kenapa?

Sebab aktifitas demikian akan dianggap blog belum sepenuhnya siap, atau masih dalam tahap pembangunan.

Silahkan berdoa, dan lakukan aktifitas blogging sebagaimana mestinya, misalnya dengan membuat postingan setiap hari minimal satu tulisan.

Semoga pada hari ketiga, kalian mendapatkan email "Full Approved" atau email pemberitahuan penerimaan secara penuh.

Tapi bagaimana jika ditolak? apa yang harus dilakukan? untuk menjawab pertanyaan terakhir ini, akan saya bahas pada tulisan berikutnya. Semoga sukses, jangan lupa untuk berbagi tipsnya disini sobat.

Tambahan saja, jika kalian lebih lebih suka bermain Youtube, dan tidak ingin ngeblog, maka tidak perlu melakukan proses upgrade, sebab account hosted ini sudah bisa dicairkan ketika sudah mencapai ambang batas, yakni $ 100 atau sekitar Rp 1.300.000 an.

Namun tentu kalian butuh trik jitu, agar video yang diupload tidak terkena sanksi atau biasa diistilahkan dengan suspend.

Maka, pada saya selanjutnya akan membahas tentang Cara upload video youtube tetap aman dari suspend, agar channel yang nantinya dibuat dengan susah payah tidak sia-sia.

Jadi pilihan, baik mau main di youtube atau blog semua ditangan kalian kawan, yang jelas kang oim berharap segala usaha untuk mendapatkan penghasilan dari aktifitas online kalian bisa berhasil dan sukses.
23 Komentar untuk "Langkah Upgrade Google Adsense Hosted Youtube Menjadi Non Hosted"

apakah harus memiliki PIN terlebih dahulu sebelum mendaftar ke "other product"nya?

Terkait upgrade ke non hosted, sesuai dengan pertanyaan mas Dzulgunar Muhammad Nasir, itu belum pasti, namun juga ada yang berpendapat bagi mereka yang meng upgrade ke non hos, maka akun youtube harus sudah memiliki pin atau sudah terverivikasi. Untuk lebih jelas, mari kita simak penjelasan lainnya. Salam blogger

Saya juga sedang menunggu hasil upgrade, namun sudah hampir sebulan belum ada kabar. Ntah kenapa, sampai saat ini belum saya ketahui mas.

Dari hasil diskusi dengan teman-teman yang sudah berhasil melakukan upgrade, tidak perlu menggunu PIN datang. Namun, jika gagal hingga tiga kali, maka akan muncul notifikasi "we apologize...", setelah saya lihat di forum google adsense, memang ada notifikasi PIN harus datang terlebih dahulu, semoga bisa membantu

Betul kang, seperti hasil diskusi saya dengan teman saya yang sudah berhasil mendaftar google adsense non hosted, dia justru menghapus otorisasi pada account adsense youtubenya, karena selalu gagal, dan ada notifikasi "we aplogize ....", hasilnya dia langsung diterima

Meski belum pasti namun saran saya mending di cancel kang, kadang google kayak gitu, suka PHP, setelah cancel, beberapa lama kemudian lakukan reactive

maunanya. mengapa di akun adsense saya other acounts nya tidak bisa dibuka lama, langsung kembali ke home... terimakasih

coba pakai perangkat lain kang...

atau pakai browser lain kang

Mas saya punya akun hosted dri youtube trs saya mau upgrade dengan domain TLD pas upgrade kog slalu muncul tulisan”Kami mohon maaf atas gangguan sementara yang terjadi..bla.bla.bla” gt pdhal udh hapus history dan ganti browser

sepertinya sekarang ada peraturan baru kang, yakni harus menerima PIN terlebih dahulu

Sedikit tambahan,, untuk melakukan upgrade hosted ke non hosted.. akun harus sudah dalam keadaan sudah "verifikasi pin"

Maaf mas mo tanya, ciri ciri akun hosted mau di terima jadi non hosted ada ga?

Ya benar kang... teriamakasih masukannya

Untuk ciri-cirinya, paling kentara akan ada pemberitahuan email sekitar 1 minggu saat proses upgrade kang

Setelah Pilih Other Products saya langsung mendapatkan script di masukan di antara jadi gk usah buat script di my ads kan nunggu seklian nunggu email.

Ya, bisa juga dengan cara seperti itu, atau bisa juga mengambil di my ads

Klo da seminggu nunggu kbr blm juga nyampe emailx,. Apa bisa di cansel aja ya Sob,.upgradenya? trus daftar lagi dgn akun yg sma. bisa nggak kek' gitu, Sob?
atau mgkn ada cara lain,Sob..? mohon pencerahanx,sob.

Cara upgrade ya kayak gitu kang? tidak perlu pakai akun lain, kalau seminggu tidak ada jawaban, silahkan di cancel, jangan langsung upgrade, buat jedah minimal 1 minggu, lakukan perubahan atau penambahan postingan di blog, pastikan gwt sudah berubah

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top