Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Panduan Paling Mudah Daftar Google Adsense Melalui Youtube [Hanya Satu Minggu]

Menjadi seorang publisher sebuah iklan memang menjadi sebuah profesi yang menjanjikan untuk mendapatkan gaji via online. Terlebih mengakses internet saat ini sangatlah mudah, dan hampir tiap hari kita bersinggungan dengan internet, mulai dari sekedar nimbrung di media sosial, atau browsing ilmu pengetahuan via mesin pencari.

Daftar Google Adsense Melalui Youtube

Sehingga seorang publisher bisa mendapati banyak manfaat disela-sela aktifitas online-nya, dia bisa berbagi pengalaman, mendapatkan ilmu pengetahuan dan tentunya memperoleh pundi-pundi uang.

Banyak sekali situs yang menawarkan seseroang untuk memasarkan iklannya, namun tidak semua diminati. Dan salah satu yang paling banyak diminati adalah menjadi seorang publisher pada program Google Adsense.

Banyak yang bilang proses menjadi publisher di Google Adsense saat ini semakin sulit, banyak sekali para pemilik blog yang gagal mendaftarkan blog pribadinya, dengan alasan yang cukup beragam, tapi mayoritas alasannya "Konten tidak memadai"

Dua tahun lalu, untuk diterima menjadi penayang iklan di blog cukup mudah, hanya cukup diterima sebagai penayang iklan di Youtube, ikaln secara otomatis bisa tayang di Blog, yang tentunya blog yang berplatform Blogger.

Tapi hal itu tidak berlaku untuk saat ini, pasalnya pihak Google secara resmi membuat aturan baru, untuk menampilkan iklan google adsense di Blog, seseorang tidak cukup hanya mengandalkan status "diterima" di acount Google Adsense Youtube.

Dia harus melakukan "Upgrade" terlebih dahulu dengan domain blog TLD [Top Level Domain], dan tentu selanjutnya harus melewati tahapan review team Google Adsense untuk meninjau kelayakan situs yang dijadikan objek proses upgrading.

Jika lolos, berarti Acount Adsense menjadi Non Hosted, jika gagal, ya gigit jari lah hehehe. bercanda, ya silahkan daftarkan ulang. Untuk masalah ini akan saya jelaskan pada tulisan berikutnya.

Terlepas dari persyaratan menjadi penayang iklan Google Adsense yang semakin sulit, kali ini saya akan berbagi pengalaman daftar Google Adsense melalui Youtube dengan sangat mudah, tidak butuh waktu yang relatif lama, cukup satu minggu saja. 

Lho kok satu minggu? padahal blog sebelah yang menawarkan panduan hanya tiga hari saja langsung diterima.

Eits, jangan salah dulu, saya sengaja membuat jangka waktu yang lebih lama, sebab saya anggap kalian sama sekali belum memiliki persiapan, dan baru saja pertama kali akan mendaftarkan di Google Adsense via youtube.

Maka dalam panduan ini, saya akan bagikan 7 hari menjadi dua bagian, empat hari sebagai persiapan dan 3 hari sisanya proses pendaftaran. Ok untuk lebih jelasnya iktui saja langkah-langkah berikut ini.

1. Proses Persiapan

Sebelum melakukan pendaftaran, tentu kalian harus mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan, secara rinsi persiapan yang dibutuhkan meliputi :
  • Acount Gmail fresh [baru bikin, dengan nomor hanphone yang belum pernah dibuat sebelumnya]
  • KTP
  • 7-8 Video dengan kategori 
    • Original [Video asli, bukan hasil copy milik tetangga sebelah, karena akan melanggar hak cipta]
    • Belum pernah di upload/ di unggah dimanapun, baik di Youtube sendiri maupun di medsos atau tempat lain di internet]
    • Berdurasi minimal 10 menit
    • Suara atau misk dalam video tidak melanggar hak cipta
    • Menarik, bukan sembarangan video
    • Bukan video yang berisi hal-hal yang dilarang baik oleh agama maupun ketentuan pihak youtube
Note : Jika kalian kebingungan memiliki video dengan kriteria diatas, jangan khawatir, kunjungi saja tulisan berikut : Cara Mudah Dan Cepat Bikin Video Original, Lolos Copyright Untuk Youtube

Setelah beberpa hal diatas sudah dipersiapkan, selanjutnya masuk ke halaman depan Youtube, disini : www.youtube.com, masuk dengan acount gemail fresh sodara.

Lakukanlah upload video dengan cara sebagai berikut :
  • Upload sehari maksimal 2 buah video
  • Dengan waktu acak, maksudnya tidak menetap pada satu waktu. Misalnya, hari pertama upload dua video pada pagi dan sore, pada hari berikutnya upload dua video pada siang hari dan malam hari, begitu seterusnya.
  • [Tambahan], ada baiknya setiap video menggunakan kata kunci pada nama filenya. Caranya? mudah, sebelum upload ganti saja nama file videonya, dengan bantuan tanda "-" sebagai penyambung. Jadi misalnya video kalian memiliki nama peswatterbangmainan.mp4, rubahkan menjadi "pesawat-terbang-mainan.mp4"
Note : kenapa harus upload video dengan waktu yang berbeda setiap harinya? agar Google meyakini bahwa yang upload adalah manusia "human", dan bukan robot
Jika dikalkulasi, kalau sobat punya 8 video dengan kriteria diatas, dan harus upload dua video perhari, maka proses upload selesai pada hari ke-empat. selanjutnya langsung ke-proses pendaftaran.


2. Proses Pendaftaran


Tapi sebelum proses pendaftaran ini, sobat harus pastikan terlebih dahulu bahwa video-video yang telah diupload pada tahap pertama memang sudah layak untuk dilakukan proses Monetization, bahasa gampangnya "diuangkan" dan sudah terbebas dari "Copyright"

Bagaimana cara mengetahuinya? mudah, silahkan login ke acount Youtube kalian => My Channel => Video Manager = Channel, dan pilih Status And Features.

Google Adsense Via Youtube
Foto : Koleksi Pribadi

Perhatikan dalam gambar diatas, Jika ada icon dengan wajah tersenyum pada Copyright, itu artinya channel kalian sudah terbebas dari klaim hak cipta.

Dan pada garis warna biru, pada kolom monetization ada keterangan "enable", itu artinya acount kalian sudah layak untuk didaftarkan di Google Adsense via youtube ini. Artinya, lanjutkan kelangkah pendaftaran.


Langkah-langkah Pendaftaran Google Adsense Via Youtube

Ikuti langkah berikut ini :

  1. Login ke Acount Youtube yang sudah melalui proses tahap pertama
  2. Pilih My Channel => Video Manager = Channel, dan pilih Status And Features [sama dengan diatas]
  3. Lalu pilih kolom "Monetization", dan klik "enable"
  4. Tekan Get Started => akan ada notifikasi persetujuan, centang semuanya => pilih Accept, perhatikan gambar di bawah ini :


Google Adsense Via Youtube
Foto : Koleksi Pribadi
Selanjutnya anda kan masuk ke dua halaman baru pendaftaran Google Adsense. Pada halaman pertama kalian hanya akan diminta memilih bahasa, saya sendiri merekomendasikan menggunakan bahasa secara default saja, misalnya bahasa Inggris lalu tekan Save dan Lanjutkan.

Halaman kedua, kalain diminta untuk mengisi data diri pada form pendaftaran Google Adsense, nah disini banyak teman-teman yang kurang perhatian.

Dalam mengisi identitas, gunakanlah data dari KTP asli / Paspor, sebab jika nantinya diterima google adsense, dan penghasilan sudah lebih $10 US, atau sekitar Rp 130.000,-, Pihak Google Adsense akan mengirimkan PIN rahasia, melalui Pos.

Sebab banyak yang tidak memperhatikan hal yang urgen ini, banyak teman-teman yang PIN-nya gak sampai.

Note : Gunakan KTP / Paspor yang masih berlaku, jika kebetulan lokasi jauh dari pos, dan sulit dijangkau, gunakan KTP saudara, kerabat atau teman yang lokasinya berada diperkotaan, agar mudah dijangkau oleh Pos
Setelah mengisi identitas sesuai dengan KTP, silahkan tekan "kirim permohonan saya". Pada tahap ini, pendaftaran Google Adsense melalui Youtube sudah selesai.

Sekarang tinggal tunggu hasil tinjauan pihak Google Adsense pada channel yang sudah didaftarkan, mereka akan mengirimkan email penerimaan atau penolakan dalam jangka waktu 3 - 7 hari.

Meski banyak kasus yang menyatakan, email notifikasi akan dikirim 1 x 24 jam saja.

Semoga proses pendaftarannya berhasil dan diterima menjadi publisher Google Adsense via Youtube. Oya berhasil atau tidak berhasil, jangan lupa untuk berbagi inspirasinya disini ya.

Jika sudah berhasil, dan kebetulan ingin menampilkan Iklan Google Adsense di Blog pribadi, kalian harus melakukan proses upgrading ke Account Non Hosted.

Maka dalam tulisan berikutnya, saya akan memabahas langkah-langkah upgrade tersebut, silahkan baca selengkapnya Langkah Upgrade Account Google Adsense Youtube Menjadi Non Hosted
Tag : Adsense, Youtube
9 Komentar untuk "Panduan Paling Mudah Daftar Google Adsense Melalui Youtube [Hanya Satu Minggu]"

Mantap artikel nya kang, komplit bener. Btw template nya keren

jangan gitu kang deni, template ini premium kang tapi gratisan hehe... terimakasih kang deni

Saya akan coba
Biar cepat kaya.
Hehe

Kalau akun youtube lama gimana gus? Apa bisa?

Kalau akun youtube lama gimana gus? Apa bisa?

Wah silahkan hehe semoga sukses kang

bisa, silahkan isi dengan video original, sesuai dengan panduan diatas

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top