Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Penyebab "Windows Was Unable To Connect To" Dan Cara Mengatasinya Pada Windows 7

Pada era serba digital ini, mungkin teknologi sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang, bagaimana tidak, perangkat elektronik berupa komputer atau laptop menjadi media utama penunjang kebutuhan diberbagai bidang. Bukan hanya sebagai media tulis, Komputer nyatanya memiliki multi fungsi.

Penyebab "Windows Was Unable To Connect To" Dan Cara Mengatasinya Pada Windows 7

Di banyak hal, komputer atau semacamnya menjadi media komputing, atau ketik mengetik, tapi di hal lain justru komputer menjadi media mencari rejeki, atau hanya sekedar refreshing, dengan bermain game.

Secara garis besar, perangkat seperti komputer saat ini memiliki peran yang sangat urgen diberbagai bidang, mulai perkantoran, bisnis, maupun untuk menyelesaikan tugas akhir.

Sejalan dengan fungsi komputer yang semakin kompleks tersebut, hadrinyateknologi jaringan internet, juga menambah jajaran fungsi komputer semakin besar.

Dengan adanya jaringan internet, fungsi komputer lebih luas lagi, sebab seseorang bisa menggunakan perangkat tersebut untuk berselancar di Internet misalnya untuk mencari bahan tugas, sumber rujukan pengetahuan dan lain sebagainya.

Nah, apa jadinya, jika pelengkap dari komputer yang berupa teknologi jaringan internet tersebut tidak berfungsi dengan baik atau bahkan gagal "disconnected"?

Pasti anda yang memiliki mobilitas tinggi dalam dunia internet akan galau, bingung, bahkan frustasi, dan mencari cara kesana-kemari untuk menyelesaikan persoalan gagalnya jaringan tersebut.

Dan hingga saat ini salah satu masalah yang sering muncul saat jaringan gagal adalah ditindai dengan munculnya sebuah pesan "Windows Was Unable To Connect To", jika diterjemahkan "Windows gagal untuk melakukan proses hubungan [dengan jaringan internet].

Dan apakah anda sedang mengalamai masalah ini? Apakah anda tahu penyebab munculnya pesan tersebut? terutama yang memaki windows 7, saya yakin banyak yang mengalami kendala disisi jaringan.

OK, langsung saja simak penjelasan penyebab dari Windows Was Unable To Connect To..." berikut ini.

Setidaknya ada dua error / kerusakan mendasar yang menyebabkan sisitem operasi pada komputer mengalami kegagalan untuk terhubung dengan internet, yakni :


1. Kerusakan Hardware

Pada perangkat laptop canggih, bisanya sudah terpatri nsebuah hardware pemancar yang berfungsi sebagai penangkap jaringan wifi agar dapat terhubungan dengan jaringan internet, hardware tersebut biasa disebut dengan Wireless Network Adapter.

Pada perangkat komputer atau PC, biasanya tidak dilengkapi dengan hardware ini, sehingga dibutuhkan hardware tambahan atau kartu add-ons, agar bisa terhubung dengan internet.

Untuk menjalankan kedua hardware ini, perangkat komputer harus memiliki fitur perintah, yakni dengan Driver, tganpa driver, perangkat hardware tersebut tidak dapat beroperasi.

Cara Mengatasi/ Solusi

Cara mengatasi kerusakan hardware adalah menggantinya dengan yang baru, anda bisa membawanya ke-tukang service laptop/ PC, atau anda bisa menggunakan USB Adapter yang bisa dengan mudah dimasukkan melalui lobang USB.

2. Keruskaan Software

Kerusakan kedua yang menjadi penyebab munculnya "Windows Unable To Connect To.." berikutnya ada file corrupt pada software atau drivernya.

Solusi Dan Cara Mengatasinya

Untuk mendapatkan file driver, anda bisa masuk pada layanan laptop resmi, baik laptop Acer, HP, Toshiba, semua driver termasuk untuk menjalankan adapter ini semuanya lengkap disana dan tinggal download, laklukan instalasi selesai.

Bagaimana jika masih terjadi masalah dan masih muncul Peringatan "Windows Was Unable To Connect T..?", nah, untuk masalah ini anda bisa menggunakan solusi yang pernah saya share beberapa waktu yang lalu, dan terbukti work, silahkan baca di Solusi Mengatasi Peringatan Windows Was Unable To Connect To, Pada Windows 7.

Kesimpulan :

Dari paparan diatas, dan penjelasan diatas, dapat disimpulkan, penyebab munculnya pesan Windows Was Unable To Copnnect To pada windows 7, ada dua hal :
  1. Adanya kerusakan pada hardware, solusinya anda harus memperbaiki atau menggantinya dengan yang baru
  2. Kerusakan pada Driver atau hardware, solusinya, ada bisa mendownload dari sistus resmi, atau menggunakan cara yang pernah saya share.


Nah, demikian ulasan lengkap penyebab munculnya pesan Windows Was Unable To Connect To pada Windows 7, semoga tulisan ini bisa memberikan solusi dan inspirasi buat kalian yang sedang mengalami masalah pada jaringan internet baik di laptop maupun di komputer.
6 Komentar untuk "Penyebab "Windows Was Unable To Connect To" Dan Cara Mengatasinya Pada Windows 7"

saya pernah ngalamin mas, karena gaptek minta bantuan teman dari jurusan TI, hehe

Nah, sekarang sudah tak perlu lagi minta bantuan temannya untuk mengatasi masalah tersebut diatas mebak, bisa dicoba tuh

Terimakasih.. Posting ini sangat membantu 😊

Top markotop mbak, selamat kalau sudah sukses pakai tips saya ini

Saya sudah ikuti caranya om...tapi belum berhasil

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top