Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Cara Mudah Mengganti Dan Pindah Pembayaran Google Adsense Ke Rekening Bank Lokal

Memiliki penghasilan dari aktiftas blog memang saat ini menjadi salah satu bisnis yang menggiyurkan, terlebih cara kerjanya yang tidak terikat waktu, menjadi blogger ternyata bisa mendatangkan dampak positif bagi diri sendiri.

Pindah Pembayaran Google Adsense Ke Rekening

Selain manfaat peningkatan kreatifitas diri, Nge-blog bisa mengajarkan seseorang untuk menjalin interaksi sosial antar sesama blogger atau dengan para pengunjung.

Banyak ilmu yang bisa diperloeh dari aktifitas yang saat ini semakin digandrungi masyarakat Indonesia ini.

Berbicara tentang penghasilan dari blog, tentu istilah Google Adsense sebagai salau satu program Google, tidak asing ditelinga sahabat bukan?

Ya program penayangan iklan dengan sistem bagi hasil bagi penayang ini, menjadi buruan para pencari penghasilan di dunia online.

Bagaimana tidak, tidak jarang banyak sahabat kita yang suskse berprofesi sebagai blogger, ada yang berpenghasilan 5 hingga 7 juta perbulan, bahkan banyak pula yang lebih.

Dari hasil diskusi diberbagai forum, banyak teman-teman blogger yang berhasil membangun rumah, beli tanah, beli mobil, kredit motor, atau sekedar beli alat elektronik impian hanya dengan duduk didepan laptop atau komputer dan menyebarkan informasi yang bermanfaat.

Namun, tidak sedikit yang jatuh ditengah jalan, alias gulung tikar, terutama saat proses pendaftaran sebabagai publisher selalu saja ditolak, [sakitnya tuh di hati hehehe]

Ok, bagi yang belum keterima, dan surat lamarannya untuk mbak google adsense selalu ditolak, saya sumpahin semoga diterima minggu depan. hehe

Dan bagi yang sudah keterima, dan sudah menunggu pencairan gaji, atau yang sudah pernah mendapatkan gaji [payout, dalam istilah per-blogger-an], dan kebetulan ingin memindahkan cara pembayaran gajinya ke rekening bank lokal, maka sahabat yang sedang baca tulisan ini tidak usah kemana-mana. [lanjutkan bacanya]. kenapa?

Sebab saya, Kang Oim akan berbagi tutorial mengganti pembayaran gaji google adsense ke rekening bank lokal. Apa manfaatnya?

Memang dahulu, banyak para publisher yang mengeluhkan saat pembayaran GA [singakat dari Google Adsense], melalui bank.

Pasalnya, ada biaya administrasi dari pihak bank lokal, dan besarannya juga berfariasi, ada yang sampai $ 150 USD. 

Jadi jika dilkalkulasi, kalau bisa gajian 100 Dollar, dengan rincian rupiah kira-kira Rp. 1.300.00, maka secara otomatis bayaran yang sampai kerekening, hanya sekitar Rp 900.000 an. 

Dengan menimbang kurs dollar terhadap rupiah, saat ini yang berkisar Rp 1.3000 / 1 Dollar. Eman kan? sekitar 400.000 an, hilang diambil bank.

Oleh karenanya, dahulu banyak para publisher yang lebih memilih menggunakan WU [singkatan dari Western Union]. kenapa?

Sebab, dari dulu hingga sekarang, pihak WU tidak pernah meminta potongan adminsitrasi dari gaji google adsense yang diperoleh.

Tapi itu dulu, saat akun Google adsense menggunakan mata uang Dollar atau istilahnya menggunakan US.

Tapi tidak dengan sekarang, pasalnya, pihak Google Adsense sudah lumrah menggunakan mata uang rupiah untuk wilayah Indonesia, atau ID

Sehingga, tidak ada biaya administrasi saat pengiriman gaji ke rekening bank lokal, artinya tidak ada pemotongan gaji oleh bank dengan alasan administrasi.

Jadi, bagi kalian yang ingin memindahkan penghasilan GA kalian kerekening Bank Lokal, silahkan ikuti saja langkah-langkahnya berikut ini :

Langkah Persiapan 

Hanya ada satu langkah persiapan, yakni Persiapkan rekening Bank Lokal, misalnya bank BRI, BCA atau mandiri atau yang lain.

Jangan lupa persiapkan juga KTP, jika sahabat nantinya butuh pengambilan data transaksi terakhir di kantor Bank.

Langkah Perubahan Metode Pembayaran 


  1. Masuk ke akun Adsense kalian [dalam hal ini GA dengan status ID / wilayah Indonesia]
  2. Pada tab "Home", pilih "Setting" [pengaturan], pilih "Payments" [pembayaran]
  3. Pilih "Manage Payment Methods" [Pengaturan Metode Pembayaran]
  4. Pilih "Ad New Method" tambahkan metode pembaaran baru
  5. Pilih pembayaran via transfer rekening
  6. Selanjutnya akan tampil tiga kolom, silahkan isi kolom nama sesuai pemilik rekening, Kolom Bank, pilih Bank yang dituju, dan kolom terakhir isi dengan nomor rekening, terakhir tekan submit atau ok

Pada langkah ini, metode pembayaran GA sobat sudah beralih ke metode pembayaran via transfer rekening bank.

Tapi jangan senang dulu, sebab nanti butuh kode verifikasi dari pihak Google. Nah pada tahap ini perlu sahabat perhatikan.

Kode verifikasi, idealnya akan dikirim dalam 2 hingga 3 hari berikutnya. Silahkan cek mutasi atau data transaksi rekening Bank kalian, ke kantor banknya.

Jika kalian sudah memiliki eBanking pada bank yang bersangkutan, kalian bisa cek data transaksi terakhir melalui laman atau aplikasinya, atau via web browser [gratis]

Atau kalian bisa cek data transaksi menggunakan ATM, hanya saja akan ada tarif berkisar Rp. 500,- jadi mending langsung ke bank, atau cek via ebanking saja.

Perlu dicatat, bahwa kode verifikasi dari pihak google, tidak seperti nomor PIN yang dikirim saat ambang batas pada google adsense.

Melainkan berupa nilai uang dibawah seribu, semisal Rp, 100, Rp, 101 dan seterusnya. Jadi kalian harus catat nilai rupiah yang dikirim oleh google tersebut, untuk nantinya dijadikan kode unik verifikasinya.

Langkah Verifikasi Rekening

Saya anggap kalian sudah menerima kode verifikasi berupa tiga angka dengan jumlah nilai rupiah dibawah seribu.

Selanjutnya, masuk lagi ke akun Google Adsense kalian, dan ikuti langkah-langkah diatas hingga nomor 3.

Disitu kalian akan melihat halaman, yang berisi rekening bank yang belum verifikasi, selanjutnya ikuti langkah berikut ini :

  1. Tekan "Perbaiki"
  2. Akan muncul halaman, untuk memasukkan kode angka nilai rupiah dibawah Rp.1000, yang sudah diterima dari google.
  3. Pilih angka pada bilah samping kiri sesuai kode.
  4. terakhir tekan verifikasi.

Verifiksai Pembayaran GA via Rekening
Foto : Dokumen Pribadi

Nah, demikian langkah-langkah mudah untuk merubah pembayaran Google Adsense ke rekening Bank Lokal. Cukup mudah bukan?

Saya harabat sahabat mengikuti langkah tersebut diatas dengan seksama dan teltiti, terlebih saat memasukkan nomor rekening, jangan sampai salah, meskipun satu angka-pun.

Lantas bagaimana jika memang salah? Jika salah memasukkan nomot rekening, dijamin kode unik dari google tidak akan tiba pada data transaksi rekening.

Pakah pembayaran jadi hangus? Apakah tidak bisa lagi menggunakan pembayaran GA dengan rekening? jawabannya bisa.

Caranya, lakukan langkah pembuatan metode pembayaran yang baru. udah gitu saja. wah sudah capek jariku sobat, jika ada pertanyaan atau mau berbagi pengalam silahkan isi komentarnya.

Tag : Adsense
15 Komentar untuk "Cara Mudah Mengganti Dan Pindah Pembayaran Google Adsense Ke Rekening Bank Lokal"

Alhamdulillah.. semoga berhasil kang...

silahkan di perkatekkan mas

potongannya guede hanya keterima 800 rebu doang klo pake rekening

tergantung, kalau GA IDR, tanpa potongan. tapi kalau US, potongannya sekitar 15 dollar

Kang misalkan di akun ada 2 bank, bca dan bri, nah pas po/gajian pertama pke bca, terus mislkan bca nya diganti / dihapus dengan bri itu bisa gak, untuk po seterusnya apakah google masih kirim ke bca atau ke bank baru bri?

Gan boleh gak ganti bank, misal payment pertama pakai bni, terus payment selanjutnys diganti sama bank lain, misal BRI. Thnks

Bisa, Dan kalau sudah PO dengan BRI, akan terus ke BRI nya

Boleh.... tidak ada larangan, cuma sebisa mungkin sesuai dengan pemilik akun

gan akun saya baru mau mendapatkan pembayaran yg pertamakali,akan tetapi rekening yg saya masukan di awal pendaftaran kebetulan saat ini tidak bisa dipakai (buku/atm hilang) bisa kah saya mengantinya dengan rekening baru?? mohon pencerahanya..

setahu ane bisa kang.... tapi kalau bisa cari cara agar rekening yang awal bisa aktif kembali kang

Gan, saya mau tanya, ini kan GA saya uda terlanjur pembayaran pakai rekening BCA, nah saya mau balik ke Western Union bisa? ini GA saya uda nyentuh angka 1.300.000 saya mau ambil, cara membedakan GA IDR dan GA US gimana ya? saya nda mau kepotong admin ...mohon dibantu tq

Bisa saja kita mengganti metode pembayaran, namun untuk mengganti dari bank lokal ke WU, data harus benar-benar sesuai dengan data AKUN, data akun yang dimaksud, ya sesuai dengan nama dan alamat PIN.

Dari hasil pengalaman para publisher, memang kebanyakan, perubahan dari metode WU ke rekening, tapi belum ada larangan kok dari metode rekening ke WU.

Akun GA US, jika di dashbor adsense berupa dollar, akalau akun IDR / Rupiah, mata uang di dashbor menggunakan IDR

Informasi yang bermanfaat. Terima kasih

Berhasil pindah pembayaran google adsense ke rekening kang?

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top