Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Cara Mudah Riset Keyword Melalui Google Trends, Agar Pengunjung Blog Meningkat

Aktifitas blogging tidak hanya sekedar membuat tulisan, atau sekedar berbagi informasi belaka, melainkan sebuah kompetisi untuk membingkai dan memoles tulisan yang dibuat agar terlihat menarik dan digemari banyak pengunjung.

Riset Keyword Melalui Google Trends

Sementara untuk menarik pengunjung yang banyak bukan perkara yang mudah, kita harus mengetahui topik apa saja yang diminati oleh masyarakat, termasuk kata kunci "keyword" apa yang biasa diketik oleh masyarakat saat mencari informasi.

Setelah menemukan kata kunci yang tepat, kita juga dituntut untuk membuat tulisan di blog semenarik mungkin, agar para pengunjung tetap betah.

Masalah membuat tulisan di blog agar terlihat menarik dan pengunjung bisa berlama-lama, sudah saya tulis sebelumnya, coba baca : 5 Cara Agar Pengunjung Bisa Betah

Maka, fungsi penggunaan topik dan kata kunci yang tepat, tentu bisa membantu blog kebanjiran pengunjung.

Disisi lain, banyak para blogger yang menginginkan blognya dikunjungi banyak orang, namun sayang, dia lalai memilih topik dan kata kunci yang tepat.

Akibatnya, meski artikel dalam blognya sudah relatif banyak, pengunjungnya tetap sedikit, maka prinsipnya, "hadirkan tulisan sesuai selera pengunjung" bukan "sesuai selera pemilik"

Nah, pada kesempatan kali ini, Kang Oim ingin berbagi tips berkenaan pemilihan topik dan kata kunci yang tepat sebelum menerbitkan tulisan diblog.

Topik Sebagai Kata Kunci Utama

Pemilihan topik utama, menjadi modal paling penting untuk membangun sebuah blog dengan pengunjung yang banyak.

Saran saya pilihlah topik blog sesuai dengan hobi, atau memang kalian ingin mendalami. Sebagai contoh, kalian punya hobi desain baju atau model baju, atau kalian ingin menggeluti dunia fashion.

Tidak cukup disitu, topik harus memperhatikan minat banyak orang. Contoh pemilihan topik "fashion", menurut saya pribadi sangat tepat. Mengapa?

Sebab fashion saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat umum, dan tentunya akan banyak orang yang mencari informasi tentang dunia busana.

Bagaimana dengan nama blog? sebenarnya nama apa saja bukan menjadi masalah, yang jelas sangat direkomendasikan menyisipkan topik utama dalam sebuah nama.

Entah itu blog gratisan, dengan domain gratisan, atau domain berbayar. misalnya untuk topik fashion, kalian membuat judul dan alamat blog menjadi : http://pusatdesainbusanamuslimterbaik.blogspot.com.

Dengan nama dan alamat ini, maka peningkatan pengunjung blog lebih baik, ketimbang menggunakan nama dan alamat blog lain, seperti http://ahmadsyafiimaspdi.blogspot.com, namun nama blognya adalah Pusat Desain Busana Muslim Terbaik

Artinya, sangat dianjurkan penggunaan nama dan alamat blog disesuaikan dengan topik utama yang dalam blog itu sendiri.

Urgensitas Pemilihan Kata Kunci Yang Benar

Kata Kunci, merupakan sebuah kata yang menjadi inti dari sebuah tulisan. Misalnya artikel yang sedang kalian baca ini, saya sedang membidik kata kunci "Riset Keyword Google Trends".

Pada mesin pencari, kata kunci menjadi objek pencarian yang digunakan oleh masyarakat. Misalnya "cara riset keyword", harapan saya tulisan ini bisa masuk pada halaman utama di mesin pencarian.

Intinya, kata kunci harus diperhatikan dengan baik, agar masyarakat mudah menggapai artikel yang sedang kita buat.

Contoh kata kunci yang pernah saya bidik adalah "mengatasi windows was unable", coba kalian ketik kata tersebut di kolom pencarian google, bisa dipastikan tulisan saya akan berada di pageone. Betul kan?

Lantas bagaimana membuat penguatan kata kunci? untuk masalah ini, akan saya lanjutkan pada tulisan berikutnya.

Saya harap kalian sudah bisa memahami pentingnya "kata kunci" dalam sebuah tulisan pada blog. Selanujutnya bagaimana cara kita meneliti kata kunci?

Seperti dalam judul, saya akan mengulas panduan meneliti kata kunci melalui google trends. kenapa Google Trends?

Sebenarnya banyak sekali tools untuk proses penelitian ide kata kunci, sperti google keyword planner, atau Ezkeyrword, dan lain sebagainya.

Namun tidak semua gratis, nah sementara kalian yang hanya memiliki modal pas-pasan tentu inginnya yang serba gratis. Salah satu tools yang bisa kita buat untuk meneliti kata kunci adalah google trends ini.

Cara Memilih Kata Kunci Melalui Google Trends

Untuk mempermudah totorial ini, saya akan memberikan contoh topik utama terlebih dahulu, misalnya tentang dunia fashion/ busana

Kata kunci yang akan kita bidik selanjutnya adalah "Busana Muslim", silahkan menuju link berikut : https://www.google.com/trends/

Pada kolom pencarian, isilan kata kunci yang kita bidik sesuai dengan topik, yakni busana muslim. Perhatikan gambar dibawah ini :

Kata Kunci Google Trends

Keterangan Gambar :

  1. Seluruh Dunia, rubah sesuai target pengunjung
  2. Lima Tahun Terakhir, rubahlah pencarian sesuai waktu yang kalian kehendaki, misalnya dalam 12 bulan terakhir
  3. Semua Kategori, rubahlan sesuai dengan kategori yang sedang kalian bidik, misalnya kategori belanja
  4. Penelusuran Web, kalian bisa rubah menjadi kategori penelusuran, misalnya penelusuran dengan gambar
Selanjutnya scroll kebawah, dan cari kolom kueri terkait, pilih icon menu dan pilih CSV [untuk selanjutnya data kata kunci yang sudah tampil di download, sebaiknya setelah proses download semua data dipindah kedalam file notepad]

Kata Kunci Google Trends

Nah, pada tahap ini kalian sudah memiliki kata kunci yang selanjutnya setiap kata kunci akan diriset kembali menggunakan langkah-langkah diatas.

Hasil dari riset yang kedua ini, yang nantinya akan dijadikan kata kunci dalam sebuah artikel. Dengan demikian artikel yang kalian buat, bisa dipastikan memiliki peluang mendapatkan pengunjung.

Kekuarangan Riset keyword Dengan Google Trends

Sekali lagi cara diatas adalah cara yang sederhana dan gratis, tentu memiliki banyak kekurangan dibandingkan tools premium dan berbayar yang memiliki fasilitas lebih.

Kekurangan penelitian kata kunci menggunakan Google Trends ini, antara lain :
  1. Tidak menampilkan jumlah persaingan, apakah sulit, sedang atau mudah
  2. Tidak menampilkan jumlah nilai sebuah kata kunci [nilai yang dimaksud, adalah perkiraan pendapatan dari jumlah klik pada kata kunci]
Hemat saya, meskipun memiliki kekurangan seperti yang disebutkan diatas, tidak ada salahnya sobat mencoba belajar me-riset kata kunci sebelum membuat tulisan. Sehingga tulisan yang nantinya diterbitkan bisa ikut bersaing di mesin pencarian google. Paham kan?

Demikian langkah mudah riset kata kunci menggunakan layanan Google Trends, agar blog yang dibangun memiliki peluang pengunjung yang banyak. Mudah kan? jika ada yang idak dipahami berkenaan langkah-langkah diatas, silahkan tinggalkan jejak.

Tag : Blogging
4 Komentar untuk "Cara Mudah Riset Keyword Melalui Google Trends, Agar Pengunjung Blog Meningkat"

Ternyata ada kelemahannya ya mas...
ya sekedar menambah pengetahuan tentang cara riset keyword ya mas..
Lantas cara riset keyword yang paling baik pakai apa mas...
thanks

kalau yang gratisan, dulu teman-teman blogger suka pakay google keyword planner, namun sekarang, layanan tersebut sepertinya full untuk yang menggunakan adword, kalau yang berbayar banyak mbak, salahsatunya ezkeyword

trimakasih kang oim walaupun kata kang oim ada kekurangan nya bagi saya yang sedang belajar ,ini satu petunjuk yang sangat berharga untuk belajar mencari kata kunci,semoga ini sangat bermanfaat buat saya

alhamdulillah, semoga tips menjcari kata kunci iatas bisa membantu aktifitas blogging sampean mbak

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top