Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Tutorial Upload Video Di Youtube Agar Aman Dari Suspend

Youtuber saat ini menjadi salah satu profesi yang sangat menggiurkan untuk mendatangkan penghasilan dari aktifitas internet. Selain kompensasi yang wah itu, seorang yang bermain Youtube secara otomatis akan belajar menjadi kreatif, sebab dia dituntut untuk membuat video yang menarik dan unik, dan tentu berusaha mendatangkan banyak viewer. betul kan?

Tutorial Upload Video Di Youtube

Akan tetapi tidak semua pemain youtube yang bernasib mujur, bahkan yang sudah sukses-pun bergantian tumbang dan channelnya terkena badai "Suspend".

Padahal Channel yang telah mereka buat sudah memiliki subscribers hingga puluhan ribu dengan riwayat penayangan lebih dari 100 ribu kali.

Sementara mereka sendiri mengaku tidak melakukan pelanggaran apapun, videonya juga original buatan sendiri, alias bebas dari copyright saat dirilis.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi semacam panduan mudah untuk upload video di youtube agar aman dari badai suspend tersebut.

Meskipun tutorial ini didapat dari hasil dari pengamatan diskusi panjang para member youtube di berbagai forum, nyatanya trik ini sudah saya peraktekkan dan hingga sekarang channel yang saya rawat tetap stabil dan aman dari pelanggaran.

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya, apa penyebab Suspend pada channel youtube? selain melanggar TOS dari pihak Youtube, berikut ini ada beberapa hal yang kemungkinan besar ,menjadi penyebabnya :


  1. Channel yang dibuat terlalu sering dilihat sendiri
  2. Terlalu sering membagikan video di media sosial
  3. Bahasa deskripsi dalam satu channel tidak konsisten, artinya terkadang pakai deskripsi bahasa inggris, terkadang pakai bahasa Indonesia, padahal masih dalam satu channel


Ketiga faktor diatas bisa menyebabkan Team Youtube curiga ada ketidak wajaran pada channel yang bersangkutan, sehingga diberi sanksi suspend.

Lantas bagaimana cara mengatasi Channel yang sudah terlanjur terkena Suspend? pada akhir tulisan ini akan kami ulas dengan lengkap. Ok lanjut pada topik utama.

Jika kalian ingin meng-upload video di Youtube dan aman dari pelanggaran, ikuti saja langkah-langkah berikut ini :

Langkah Pertama [Persiapan]


  1. Siapkan video menarik, unik, dan tentu original 100%. untuk pembuatan video dengan kriteria ini, silahkan baca kembali tulisan saya : Cara mudah dan Cepat Membuat Video Original dan 100 % Lolos Copyright di Youtube
  2. Beri nama setiap video dengan nama yang cukup panjang, dengan pembatas tanda "-", misalnya nama video kalian "cara unik membuat topi dari koran", maka menjadi "cara-membuat-topi-dari-koran"
  3. Siapkan pula gambar thumbnail semenarik mungkin, dengan ukuran yang sudah ditentukan, kemudian bubuhi tulisan singkat dan besar
  4. Siapkan deskripsi pada tiap video dan disimpan di notepad, dengan bahasa yang konsisten sesuai dengan channel.


Note : Thumbnail, merupakan gambar utama dari sebuah video, ada dua jenis thumbnail, pertama thumbnail default yang secara acak diambil dari video yang sudah di upload, kedua thumbnail manual yang bisa kita ganti sesuai selera

Perlu dicatat, hindari penggunaan gambar ilegal dan di ambil dari pencarian google di video yang nantinya akan diupload. Lantas bagaimana mendapatkan gambar secara legal? dalam tulisan berikutnya akan saya paparkan cara mudah mendapatkan video keren dan legal dari internet.

Sesuai dengan pengalaman pribadi, saat membuat video yang berisi gambar dan diambil dari pencarian, video tersebut tidak bertahan lama dan akhirnya tumbang.

Sebab ternyata Team Youtube menganggap penggunaan gambar yang ilegal pada video adalah sebuah pelanggaran hak cipta, parahnya lagi suspend dilakukan tanpa pembeitahuan, jadi waspadalah.

Kembali ke pembahasan thumbnail, lantas seperti apakah gambar yang disarankan oleh Team Youube untuk sebuah video? Thumbnail yang disarankan adalah gambar dengan resolusi 280×720 pixel, dengan Rasio aspek: 16:9.

Untuk ukuran lebar, Team Youtube menyarankan ukuran minimal 640 pixel, dengan format gambar bisa dipilih antara JPG, PNG, GIF atau BMP dengan kapasitas gambar tidak lebih dari 2 MB.

Setelah item-item diatas sudah dipersiapkan dengan mapan, silahkan lanjut pada langkah kedua, yakni proses Upload

Langkah Kedua [Proses Uploading]


  1. Masuk ke account Youtube dan atau ke channel yang nantinya video akan ditempatkan
  2. Upload video seperti biasa, jika video kalian lebih dari satu bisa diupload sekaligus dengan melakukan drag seluruh video dan memindahkannya pada halaman upload
  3. Ingat, Pada saat proses Upload, posisikan video pada Mode "Private", jangan diposisi "Public"
  4. Isi kolom Tag, dengan kata kunci yang dibidik, dengan tanda pisah "," [Koma]
  5. Masukkan deskripsi video yang telah dipersiapkan sebelumnya
  6. Masukkan gambar thumbnail yang sudah disediakan.
  7. Setelah proses upload video sudah rampung, diamkan sejenak, sekitar 10 -15 menit untuk memastikan tidak ada hak cipta yang dilanggar, selanjutnya ganti mode "Public"


Prosedur Upload Di Youtube
Foto : Screenshot Pribadi
Keterangan Gambar :

  1. Site mode private saat pertama kali proses upload
  2. Kolom Title / Judul Video yang mengandung kata kunci
  3. Kolom Deskripsi, sesuaikan dengan bahasa channel secara keseluruhan
  4. Kolom Tag, gunakan tanda pemisah ", [koma]", antar tag, gunakan pula kata kunci
  5. Kolom Pesan yang nantinya akan tampil saat ada orang menyaksikan video
  6. Tempat mengganti thumbnail default menjadi thumbnail yang sudah kita sediakan


Nah, demikianlah langkah upload video Youtube supaya aman dari Suspend atau pelanggaran. Dan bagaimana cara mengatasi Channel kita sudah terkena Suspend?

Dari pengalaman yang sudah pernah saya alami, ada prosedur pengajuan kepada team Youtube bahwa channel yang kita buat sebenarnya tidak melanggar.

Jadi intinya pengajuan ini dilakukan sebagai bentuk permohonan untuk peninjauan kembali, dan penegasan bahwa channel yang telah kita buat tidak melanggar tata-tertib Youtube

Cara Atasi Channel Youtube Yang Terkena Suspended / Terminated

Bagaimana caranya? ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Login ke link berikut : https://support.google.com/accounts/contact/suspended?p=youtube
  2. Isi semua kolom yang sudah disediakan, termasuk nama channel, Email yang digunakan, serta link channel [jadi saat kalian membuat channel pastikan beberapa data ini disimpan dengan baik], dan email yang nantinya menerima pemberitahuan
  3. Pada kolom terakhir, sebutkan alasan kenapa kalian mengajukan permohonan, jika kebingungan pakai bahasa inggris, pakai saja tulisan saya ini "My Youtube Account Has Been Suspended / Terminated and I need help to bring back my Youtube Channel at any cost. Please help me and I Hope you gies will take care of it, thank you"
  4. Terakhir tekan submit, selesai


kolom permohonan channel
Kolom Permohonan Pengembalian Channel
Foto : Screenshot Pribadi
Selanjutnya tunggu balasan dari Team Youtube, pengalaman saya sendiri nantinya akan ada balasan email 3 x 24 Jam yang menyatakan channel kita sudah dikembalikan.

Lengkap sudah, Tutorial Upload Video Di Youtube Agar Aman Dari Suspend, semoga bisa memberikan solusi bagi problematika kalian selaku Youtuber, atau bagi kalian yang kebetulan terkena badai suspend. Happy Youtube kawan.
Tag : Youtube
4 Komentar untuk "Tutorial Upload Video Di Youtube Agar Aman Dari Suspend"

Mas, kenapa watu upload harus private?

Untuk memastikan video kita nantinya tidak di klaim, sehingga akun tetap fresh...

Maaf mas, sya baru di youtube. Boleh banyak tanya.? Hehehe

Silahkan tanya saja tentang youtube...

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top