Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Cara Mudah Ganti Warna Template Blog

Memiliki tampilan blog yang dinamis dengan warna modern, dan tidak terlalu mencolok, tentu menjadi keinginan setiap pemilik blog, sebab template blog yang dituntut untuk responsive dan mobile friendly, warna sebuah blog ternyata juga mempengaruhi perhatian para pengunjung.

cara merubah warna blog dengan mudah

Baca Juga : Cara Bikin Tabel Responsive Di Blog Plaform Blogspot

Tapi bagaimana cara merubah warna blog? pertanyaan sederhana ini sering melayang kepada kontak kang oim, sejalan dengan semakin banyaknya masyarakat yang mulai membangun blog pribadi [personal blog].

Terlebih lagi, blog saat ini menjadi salah satu alternatif jitu untuk memasarkan produk sebagai bagian dari bisnis Online, Jadi wajar banyak masyarakat yang mulai mencari panduan membuat blog.

Kembali ketopik, bahwa kali ini Kang Oim akan berbagi informasi bagaimana cara merubah blog dengan mudah dan tetu efisien.

Setidaknya ada dua tahapan penting sebelum anda melakukan perubahan warna template blog, dalam hal ini adalah blogspot. apa saja itu?


1. Kenali Bagian-bagian Blog Yang Akan Dirubah Warnanya

Maksud dari tahapan yang pertama ini, anda harus mengetahui terlebih dahulu elemen mana yang nantinya akan dirubah warnanya, misalnya, bagian header, navigasi, sidebar, footer, atau tulisan pada blog.

Sementara tulisan sendiri, memiliki banyak macam, misalnya tulisan judul, atau tulisan postingan dalam blog. 

Secara sederhana, elemen-elemen blog bisa dilihat dalam gambar di bawah ini :

Elemen-elemen template Blogspot

Keterangan Gambar :

  1. Header [Bagian Kepala Dari Blog]
  2. Navigation [tempat menampilkan menu blog]
  3. Tempat Posting
  4. Sidebar [Bilah samping "kanan dan kiri" dari blog]
  5. Sidebar [Bilah samping dari blog]
  6. Footer [Bagian Kaki / Bawah Blog[
Setelah anda memahami, pada elemen mana anda akan mengganti warna dan berkreasi, silahkan lanjutkan pada tahapan selanjutnya

2. Persiapan Perubahan Blog

Ada beberpa persiapan untuk memudahkan anda mengganti warna pada elemen blog, antara lain, anda harus mengetahui warna apa yang akan anda rubah, dan akan diganti dengan warna apa.

Masalahnya, setiap warna pada elemen blog, biasanya menggunakan bahasa HTML, sehingga pada proses perubahan warna anda dituntut untuk mengenali dan mengetahui kode dari warna tersebut.

Tapi jangan khawatir, guna mempermudah anda dalam mengetahui sebuah warna pada blog, anda bisa menggunakan tools color detector, sebuah aplikasi yang mampu mendetreksi kode warna HTML dari sebuah blog, hanya dengan cara mengarahkan crussor. Silahkan anda download pada link berikut ini : Instant Eyedropper

3. Proses Pergantian Warna Template Blog

Setelah proses instalasi selesai, mulailah masuk kehalaman template dengan mode HTML, dan cari kode warna yang akan dirubah, dan akan dirubah dengan warna sesuai keinginan anda.

Demikianlah, cara paling mudah dan paling efisien mengganti warna blog, semoga tulisan ini bisa memberikan inspirasi bagi anda.
Tag : Blogging
3 Komentar untuk "Cara Mudah Ganti Warna Template Blog "

itu aplikasi pengedit template free ya mas

ya kang, gratis banget.. silahkan dicoba

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top