Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Cara Buat Privacy Policy Dan Disclaimer Di Blog : 5 Menit

Halo sobat, kembali lagi Kang Oim akan berbagi trik buat agan semua yang kebetulan ingin membuat blog profesional. Blog Profesional?

Cara Buat Privacy Policy Dan Disclaimer Di Blog

Ya, karena ada blog abal-abal, coba deh agan ingat-ingat, pernah gak masuk kesbuah blog, tapi bingung untuk mencari informasi yang dibutuhkan, atau ingin tanya-tanya pada si-empu blog, malah tak ada kontak.

Yakinlah, bahwa agan saat itu sudah masuk keperangkap blog abal-abal, aliat blog tidak serius, tidak profesional.

Jadi, Blog profesional itu bisa diterjemahkan sebagai blog resmi, memberikan informasi akurat, berimbang, mudah navigasinya, jelas kontak, dan tentun juga ada Privacy Polcy plus Disclaimernya.

Nah, tulisan ini sebenarnya akan menyambung tulisan sebelumnya, yakni tentang Atribut Wajib yang Harus Ada Di Blog, salah satunya Atribut berupa "About/ Tentang Di Blog", yang sudah aku ulas secara gamblang.

Kali ini, Kang Oim, akan berbagi tips membuat salah satu atribut wajib. Kenapa Wajib? Ya karena konteksnya, blog agan dibuat melamar di Google Adsense.

Jadi artikel ini, berupa Buat Privacy Policy Dan Disclaimer Di Blog : 5 Menit, cepat kan? ya cepat, karena sebenarnya kalian tidak perlu mengisi konten privacy policy maupun disclaimer tersebut secara manual, tapi otomatis. Enak kan?

Dalam hal ini, Kang Oim akan menggunakan penyedia pembuatannya, yakni Cara Membuat Privacy Policy dan Disclaimer dengan Privacy Policy Generator. Ok, simak lanjutannya.

Cara Membuat Privacy Policy Di Blog Dengan Privacy Policy Generator

Sebelum memulai cara ini, agan terlebih dahulu harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini :

  1. Nama Blog Sobat
  2. Alamat/ URL / Link Blog
  3. URL / Link halaman Kontak
  4. Email
  5. Halaman Privacy Policy di Blog, biarkan saja kosong.
Ke-empat elemen ini, mutlak diperlukaan saat agan ingin membuat Privacy Policy Generator, hanya dalam waktu 5 menit.

Letakkan semua yang diperlukan diatas di Notepad [kecuali nomor 5], agar nanti mudah untuk dipindahkan datanya di kolom yang disediakan.

Selanjutnya, ikuti langkah-langkahnya berikut ini :
1. Silahkan kunjungi Privacy Policy Online
2. Isi seluruh data pada kolom yang disediakan, lihat gambar dibawah ini
Cara Buat Privacy Policy Dan Disclaimer Di Blog

Keterangan :

  1. Your Site Title : isi dengan nama blog 
  2. Your Site URL : Isi dengan alamat blog
  3. Contact Link : Isi dengan URL Kontak Blog
  4. Email Address : isi dengan email blog
  5. Pada Email : Pilih No Encryption
  6. Info Cookies : Pilih Yes. My site uses cookies.
  7. Pada Info Advertisers on your site, centang  seluruhnya.
  8. Tekan generate HTML
3. Kalian akan diarahkan pada hamalan baru, yang berisi kode HTML dari hasil pembuatan Privacy Policy Onlinenya. Copy seluruh kode tersebut, dan simpan.

Sekarang, masuk ke blog sobat, dan silahkan pastekan kode diatas yang sudah dicopy, di halaman Privacy Policy yang sebelumnya sobat sudah buat.

Jangan lupa, saat memasang kode Privacy Policy pada halaman tersebut, gunakan mode HTML, bukan Compose. paham kan?

Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :

Cara Buat Privacy Policy Dan Disclaimer Di Blog

Selanjutnya, tekan "Perbaharui". Mungkin sobat akan mendapati ada "Error", saat menekannya, tapi jangan takut, tekan saja "Perbaharui", pada notifikasi berwarna merah.

Cara Membuat Disclaimer Mudah di Blog

Lantas, bagaimana cara membuat Disclaimer di blog dengan mudah? caranya tidak jauh berbeda dengan cara diatas, hanya saja yang perlu kalian persiapkan adalah "halaman Disclaimer" pada blog, dan biarkan saja kosong.

Selanjutnya, kunjungi link berikut Disclaimer Generator, isi seluruh data yang disediakan pada kolom, seperti halnya saat membuat privacy policy.

Kemudian tekan tombol Generate Disclaimer, copy kode HTML yang sudah didapat, dan pastekan pada halaman "Disclaimer" di Blog. Mudah kan?

Apakah sahabat punya cara lain yang lebih cepat dari ini? jujur setelah Kang Oim coba dibeberapa blog yang sudah dibuat, kadang tidak membutuhkan waktu 5 menit, tapi tiga menit sudah selesai. selamat mencoba.
Tag : Blogging
2 Komentar untuk "Cara Buat Privacy Policy Dan Disclaimer Di Blog : 5 Menit"

okeee, mas oim info. makasih penjelasan sederhananya , mudah dimengerti. jadi agak ngeh kalau ada privacy policy dan disclaimer :)

Betul mas Fajar ... semoga sukses kang

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top