Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Cara Menemukan Kode Verifikasi Webmastertools Yang Hilang [Update 2017]

Webmastertools, merupakan fitur dari mesin pencari terbaik saat ini, yakni Google, yang memiliki fungsi pemantau kesehatan, proses submit, indeks isi dari sebuah halaman atau blog.

Cara Menemukan Kode Verifikasi Webmastertools Yang Hilang


Sebagian besar blogger pemula, banyak yang belum mengetahui fungsi-fungsi webmastertools yang saat ini sering disebut dengan Google Search Console.

Padahal, Google sendiri memanjakan para blogger dengan fasilitas ini, agar blog nantinya dapat terindeks dengan baik di mesin pencari, serta dapat memberikan data kesiapan blog.

Manfaatnya? tentu, jika semua tulisan / postingan dapat terindeks / terekam dengan baik di pencarian, maka, blog kita memiliki prioritas untuk ditampilkan di awal pencarian.

Nah, apa jadinya, jika sahabat kebetulan kehilangan kode verifkasi blog? Biasanya, sebab yang paling sering menyebabkan hilangnya kode tersebut, sebab adanya proses perubahan template, dan lupa menyimpan kodenya.

Jalan pintas yang paling dilakukan blogger saat itu, adalah dengan mendaftarkan lagi blognya, dan menghapus properti blog yang sudah lama didaftarkan.

Tentu hal ini bisa merugikan, sebab blog tersebut akan kembali diajukan ke mesin pencari untuk kembali di rayapi ulang. Sungguh sangat merugikan.

Nah, bagi sahabat yang kebetulan tidak ingin rugi dan tidak ingin mendaftarkan ulang blognya di webmastertools, hanya ingin mendapatkan kode verifikasinya kembali, kali ini Kang Oim, akan memberikan tipsnya untuk kalian.

Cara Menemukan Kode Verifikasi Webmastertools Yang Hilang.
Sebelum dipaparkan langkah-langkahnya, ada baiknya saya jelaskan terlebih dahulu sebab-sebab yang paling sering hilangnya kode verifikasi webmastertools di blog.
1. Perubahan Template
Perubahan template/ tampilan blog, merupakan penyebab utama hilangnya kode verifikasi blog pada webmastertools.

Maka kalian wajib menyimpan kode tersebut sebelum proses perubahan template.

2. Ceroboh Saat Editing Template
Kecerobohan, merupakan penyebab yang juga kerap kali jadi biang kerok hilangnya kode verifikasi, oleh karena itu, saran paling sering disampaikan pemilik template, sebelum proses editing, lakukanlah backup template.

Supaya bisa dikembalikan ke semula, saat terjadinya error, usai editing template.

3. Virus
Mungkinkah ada virus yang menghilangkan kode verifikasi? meski belum banyak bukti, tapi bisa jadi suatu saat akan ada virus yang menyebabkan kode HTML pada template blog menjadi hancur.

Saran, jadi waspadalah.

Ok, kita langsung saja menuju langkah-langkah menemukan kode verifikasi blog di webmastertools yang hilang.


  1. Login Ke Webmastertools, dengan akun dimana sobat pernah mendaftarkan blog tersebut. silahkan login pada link ini : https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=en
  2. Pilih properti / blog yang sudah terdaftar, yang telah tampil di dashboar tersebut.
  3. Pilih menu setting (ikon Gir), pada bilah kanan atas, dan pilih Verification Details
  4. Sahabat akan masuk ke halaman baru, silahkan klik "Details", maka sahabat akan menemukan kode verifikasi yang hilang
Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar berikut ini:

Cara Menemukan Kode Verifikasi Webmastertools Yang Hilang


Cara Menemukan Kode Verifikasi Webmastertools Yang Hilang

Nah, dengan cara diatas, sahabat sudah bisa menemukan kembali Kode Verifikasi Webmastertools yang hilang.

Selanjutnya Sobat tinggal copy dan pastekan kode tersebut di meta blog, khusus bagian verifikasi. Semoga bermanfaat.
Tag : Blogging
1 Komentar untuk "Cara Menemukan Kode Verifikasi Webmastertools Yang Hilang [Update 2017]"

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top