Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

6 Akibat Penyakit Hipertensi/ Tekanan Darah Tinggi Yang Harus Diketahui

Apa Akibat Penyakit Darah Tinggi? - Mungkin sahabat Oim Info sedang mencari jawaban dari pertanyaan yang diakibatkan hipertensi, dan saat ini sudah banyak menyerang masyarakat, baik yang sudah dewasa maupun masih kecil.

Akibat Penyakit Hipertensi

Sebab memang darah tinggi tidak muncul begitu saja, setidaknya ada 2 Faktor Penyebab Hipertensi yang harus diketahui, baik penyebab hipertensi primer maupun sekunder.

Lantas apa akibat hipertensi? jika sahabat sedang mencari jawaban ini, maka jangan tutup halaman ini, sebab Kang Oim, akan memberikan informasi 6 Akibat Penyakit Hipertensi/ Tekanan Darah Tinggi Yang Harus Diketahui Sedini Mungkin.

Namun sebelumnya, sahabat harus mengenal dulu, apa itu hipertensi. Hipertensi atau biasa disebut dengan darah tinggi, merupakan kondisi dimana tekanan darah seseorang melebihi batas normal, yaitu 140/90 mmHg.

Menurut data WHO, dari seluruh masyarakat di dunia ini, setidaknya ada 1 orang diantara tiga orang yang terkena penyakit darah tinggi. berikut ini adalah datanya.

Data Pengidap Penyakit Hipertensi Menurut WHO
Data WHO Tahun 2014

Sehingga sahabat harus segera mengetahui Cara Mengatasi Hipertensi / Darah Tinggi, sebelum terlambat. dan masalah ini sebelumnya sudah saya jelaskan dengan detail.

Ok, Kembali ke topik, setidaknya ada enam Akibat Yang Ditimbulkan Penyakit Hipertensi, yang kesemuanya tentu mengganggu fungsi-fungsi vital dalam tubuh.

6 Akibat Penyakit Hipertensi :

1. Gangguan Pengelihatan

Akibat darah tinggi yang pertama, adanya gangguan pada pengelihatan. Jadi, jika sahabat ada yang mengalami pengelihatan, hal tersebut bukan hanya disebabkan salah posisi membaca, atau karena sering melihat cahaya silau, atau karena kurang tidur. Tapi, bisa diakibatkan oleh penyakit hipertensi tahap awal.

2. Tulang Keropos

Apakah sahabat sering merasa linu-linu dibagian persendian? atau sering merasa sakit pada bagian tulang?

Ingat, itu mungkin saja tulang anda keropos, dan ingat tulang keropos bukan hanya timbul karena faktor usia, tapi juga disebabkan hipertensi.

3. Kerusakan Pembuluh Darah

Akibat penyakit hipertensi yang ketiga sudah mulai parah, yaitu terjadinya kerusakan jaringan pembuluh darah.

Tersumbatnya pembuluh darah, bisa berakibat fatal pada organ tubuh yang lain, mulai munculnya pnyakit ginjal, dan lain sebagainya.

4. Stroke

Stroke, merupakan akibat yang fatal disebabkan darah tinggi / hipertensi. Sebab stroke merupakan kondisi gangguan dan terputusnya pasokan darah yang membawa nutrisi  dan oksigen ke otak.

Akibatnya, sel-sel otak mulai mati, sehingga menimbulkan disfungsi pada beberapa atau seluruh organ tubuh.

5. Gagal Ginjal

Hipertensi, juga berakibat gagal ginjal yang merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Sebab, Gagal Ginjal merupakan kondisi disfungsi pada ginjal guna menyaring cairan dan sisa-sisa makanan.

Akhirnya, kuman, racun dan cairan berbahaya lainnya, tidak dapat keluar dari tubuh, sehingga mengakibatkan komplikasi kronis.

6. Serangan Jantung

Saat ini banyak sekali manusia yang mati secara tiba-tiba, dan diketahui akibat serangan jantung. Ternyata, akibat paling fatal dari hipertensi / darah tinggi adalah seranagn jantung.

Sebagaimana diketahui, bahwa serangan jantung merupakan kondisi, darah tidak mampu mengalir atau tersumbat menuju ke jantung, atau bahkan terjadi pergumpalan darah yang diakibatkan kolesterol, dan hipertensi.

Oleh karena itu, Serangan Jantung merupakan kondisi darurat yang harus segera ditangani oleh dokter.

Nah, demikianlah informasi 6 Akibat Penyakit Hipertensi/ Tekanan Darah Tinggi Yang Harus Diketahui, oleh karena itu, sahabat bisa melakukan pencegahan sejak dini dengan sembilan cara mengatasi hipertensi, agar bisa terhindar dari penyakit mematikan ini.
14 Komentar untuk "6 Akibat Penyakit Hipertensi/ Tekanan Darah Tinggi Yang Harus Diketahui"

Wah yang serangan jantung itu harus hati hati , lalu apa yang menyebabkan darrah tidak mengalir ya mas? apakah ada sesuatu yang mengganjal hal itu?

Ya kemungkinan ada dua faktor utama kang, penyebab hipertensi primer ataupun sekunder

ow begitu ya ternyata penyakit hipertensi ad dua penyebapnya

Wah jadi ngeri nih kang ternyata hipertensi efeknya banyak juga ya , say sendiri ga tahu nih kena hipertensi atau ga? Belum pernah cek dokter sih.harus lebih hati hati nih jangan sampai kena hipertensi.
Makasih infonya kang..

Mungkin sering marah marah juga bisa menyebabkan darah cepat mendidih ya kang..!

tanda Hipertensi yang paling menakutkan pada poin 6 yaitu serangan jantung mas, bisa dibilang tanda hipertensi ini pembunuh nomer 2 setelah kanker

Ya kang benar, sudah saya bahas kedua penyebabnya

Sama-sama, semoga menambah ilmu kesehatan sampean kang

Nah, kalau darah mendidih segera diangkat gan, biar tidak gosong hehe

Ya, akibatnya memang paling parah ya kematian kang

Nambah pengetahuan nih, harus benar-benar jaga kesehatan. Karena sebaik apapun obatnya, lebih baik menjaga daripada mengobati :)

pegaruh ke tulang juga ya mas. wah harua banyak kalsium dong saat tekanan darah tinggi

Alhamdulillah, kalau bisa menambah pengetahuan tentang kesehatan kang, betul kang memang lebih baik kita segera menjaga kesehatan, sebelum terkena penyakit akibat hipertensi ini

Betul, kalsium memang salah satu cara untuk mengatasinya kang

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top