9 Cara Mencegah Darah Tinggi Dengan Cepat Tanpa Obat

Cara Mencegah Darah Tinggi - Darah tinggi dalam bahasa medis dikenal dengan nama Hipertensi, yang merupakan kondisi peningkatan tekanan darah melebihi batas normal, yakni diatas 140/90 mmHg.
Cara Mencegah Darah Tinggi

Kategori Tekanan Darah

Sebagai informasi tambahan, tekanan darah sebenarnya memiliki tingkatan dan kategori khusus, yaitu:

  1. Kategori Normal, memiliki tekanan darah Sistolik <120 dan Diastolik <80
  2. Kategori Pre Hipertensi, memiliki tekanan darah Sistolik 120-139 dan Diastolik 80-89
  3. Kategori Hipertensi Derajat 1 memiliki tekanan darah Sistolik 140-159 dan Diastolik 90-99
  4. Kategori Hipertensi Derajat 2 memiliki tekanan darah Sistolik >160 dan Diastolik >  100

Apakah Yang Dimaksud Sistolik?

Merupakan tekanan darah jantung yang berkontraksi mengeluarkan darah untuk dialirkan ke tubuh

Apakah Yang Dimaksud Diastolik?

Merupakan tekanan darah saat jantung dalam keadaan relaksasi dan menerima aliran darah balik ke jantung.

Tekanan Darah tinggi tidak hanya terjadi pada orang tua, melainkan juga orang yang masih umur belia, oleh sebab itu, kita seharusnya tahu bagaimana gejala-gejala dari hipertensi ini.

Gejala-gejala Hipertensi/ Tekanan Darah

  • Rasa berat di tengkuk
  • Gangguan pengelihatan
  • Sakit kepala
  • Sulit tidur
  • Gangguan pernafasan
  • Denyut jantung tak beraturan
  • nyeri pada dada
  • perut tidak nyaman
  • pergelangan kaki bengkak
  • mudah lelah dan lemas
Namun sayang, fakta menunjukkan bahwa sebagian besar kasus hipertensi tidak menunjukkan gejala yang muncul terkait dengan gangguan pada organ tertentu. 

Jadi sedini mungkin anda harus mengetahui cara mengatasi darah tinggi dengan cepat, sebab setidaknya ada Enam Akibat Penyakit Hipertensi yang harus diketahui. 

9 Cara Mengatasi Darah Tinggi Dengan Cepat

  1. Kurangi garam & Kafein (jangan pakai garam tambahan)
  2. Jangan minum Alk0h0l
  3. Olahraga yang teratur
  4. Latihan relaksasi
  5. Lakukan Diet Aman untuk menurunkan obesitas
  6. Perbanyak makan sayur dan buah
  7. Hindari r0k0k
  8. Hindari hal-hal yang dapat memicu dtres
  9. Lakukan kontrol darah secara rutin
Apakah pengidap tekanan darah tinggi harus selalu minum obat hipertensi seumur hidup? jawabannya, ya. bila tekanan darah, hanya bisa dikontrol dengan obat hipertensi.

Bahkan, tidak dianjurkan untuk menghentikan penggunaan obat hipertensi, tanpa ada konsultasi kepada dokter, sebab akan meningkatkan resiko komplikasi tekanan darah.

Perlu dicatat, bahwa uraian diatas juga termasuk cara mengatasi darah tinggi di usia muda atau sejak dini, sehingga anda bisa menikmati hidup sehat mulai sejak dini.

Sebab Hipertensi tidak timbul begitu saja, ada Faktor-faktor Penyebab Hipertensi yang harus sahabat hindari, dan sudah saya jelaskan. 

Demikianlah 9 Cara Mencegah Darah Tinggi Dengan Cepat Tanpa Obat, yang bisa Kang Oim bagikan, jangan lupa selalu update inspirasi anda bersama kami ya, salam sehat selalu.

Info Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »

24 comments

Click here for comments
17 Juli 2017 10.09 ×

alahamdulillah tekanan darah saya masih batas normal meski mepet nih.
harus mengurangi garam kayanya nih

Reply
avatar
17 Juli 2017 11.03 ×

Kepala saya sering pusing mas,,apa karena darah tinggi ya mas,,,mau priksa males..hee
Info yang bermanfaat nih mas..makasih infonya..

Reply
avatar
17 Juli 2017 12.22 ×

Olah raga routin biar badan tetap sehat. Gejala-gejala seperti diatas, sering saya alami. Mudah lelah dan lemas ,kepala sakit.

Reply
avatar
17 Juli 2017 12.50 ×

Darah tinggi terkadang suka datang kalau salah makan juga, apalagi jika hobi makan sop dan sate kambing, bisa lupa deh jika metua manggil pasti tidak terdengar he..he..

Reply
avatar
17 Juli 2017 13.05 ×

Cara cara yg sederhana tapi terkadang masih banyak yang mengabaikan, dan jika penyakit sudah menjangkit ditubuh baru bingung ngobatinya.

Reply
avatar
17 Juli 2017 13.48 ×

Tengkuk saya kadang kadang terasa berat nih kang, biasanya kalau habis naik motor agak lama. Apa termasuk gejala hipertensi nih.

Reply
avatar
17 Juli 2017 14.54 ×

Dulu darah tinggi bisa ditebak dari keturunan. Namun, di era sekarang tidak bisa ditebak om. Orang tua saya tidak ada riwayat dalam keluarga, namun juga bisa berdampak hipertensi ya. Hal ini mungkin efek dari makanan. Tapi alhamdulillah sudah sehat kembali.

Reply
avatar
17 Juli 2017 21.01 ×

trmaksi banget om infonya sangat bermanfaat sekali.
ohya kalu ada waktu mampir di tempat aq om.

Reply
avatar
Ninda
admin
17 Juli 2017 22.22 ×

baru tahu lho :D kalau saya kayaknya lbh cenderung darah rendah soalnya

Reply
avatar
18 Juli 2017 08.52 ×

Kurangi juga makanan berlemak dan kolesterol! Biasanya keluarga saya malah ada yang minum air asam jawa.

Reply
avatar
18 Juli 2017 14.15 ×

konsumsi sayur dan buah sudah hoby saya mas...walhasil tekanan darah normal terkontrol

Reply
avatar
19 Juli 2017 10.00 ×

Jangan terlalu banyak. Garam kang, dan jangan lupa olah raga, agar tekanan darahnya normal

Reply
avatar
19 Juli 2017 10.01 ×

Jangan malas kang, InsyaAllah akan saya tulis tentang gejala tekanan darah

Reply
avatar
19 Juli 2017 10.01 ×

Coba segera cek tensi ke dokter mas, untuk memastikan dan cek kesehatan

Reply
avatar
19 Juli 2017 10.02 ×

Itu sebab kolesterol mas

Reply
avatar
19 Juli 2017 10.02 ×

Itulah manusia, padahal kalau ke puskesmas untuk cek tensi darah gratis tanpa biaya

Reply
avatar
19 Juli 2017 10.03 ×

Sebaiknya diperiksa kang biar jelas

Reply
avatar
19 Juli 2017 10.03 ×

Alhamdulillah kalau begitu

Reply
avatar
19 Juli 2017 10.03 ×

Ok siap.. Tunggu kunjungan balik saya

Reply
avatar
19 Juli 2017 10.04 ×

Soalnya apa mbak?

Reply
avatar
19 Juli 2017 10.04 ×

Air asam jawa? Wah kayaknya bagus untuk menanggulangi tekanan darah tinggi tuh

Reply
avatar
19 Juli 2017 10.05 ×

Sip, semoga anda sehat selalu mas

Reply
avatar
19 Juli 2017 20.41 ×

Alhamdulillah tekanan darah saya normal Kang, tapi kadang2 rendah juga sih.

Reply
avatar
29 Juli 2017 18.08 ×

Wah sebaiknya, mulai rutin kontrol tekanan darahnya mbak

Reply
avatar

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar ConversionConversion EmoticonEmoticon