Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Cara Mengatasi Komputer / Laptop Konek Tapi Tidak Bisa Internetan

Selamat datang lagi akang-akang, sister, pak deh bu dhe, jeng, bang, om, tante, semua deh, setelah beberapa hari ane tidak nongol akibat kesibukan mau masuk sekolah, maklum masih SD, hehe.

Cara Mengatasi Komputer / Laptop Konek Tapi Tidak Bisa Internetan


Kali ini, ane mau berbagi tips nih, khususnya bagi yang mengalami masalah laptop atau komputernya sudah terhubung/ connected, tapi tidak bisa internetan. Gimana Kang?

Ok, ok sabar, sebelum ane lanjutin, simak dulu cerita ane berikut ini, kali aja masalahnya juga sama dengan yang kalian alami sekarang.


1. Wifi Error

Masalah pertama, ada notifikasi bahwa wifi error, biasanya akan ada notifikasi, windows was unable to connect to. Nah, solusinya, sudah ane bagikan, dan udah sangat terkenal, baca deh How To Fix Windows Was Unable To Connect To [Pake bahasa linggis biar keren dikit].

2. Laptop/ Komputer sudah konek / terhubung, tapi tetap tidak bisa internetan.

Nah, masalah yang kedua ini bikin baper kan? alias badan laper, hehehe. Oke, santai santai, kalem bro, akan ane jelaskan ya, sebab ini yang pernah terjadi pada laptop ane.

Awal Cerita

Jujur [kacang ijo], ane bukan teknisi komputer yang sudah makan banyak bangku sekolah jurusan IT, eh malah curhat.

Gini, awalnya aku internetan pakai wifi tetangga sebelah, aman-aman saja, berseluncur diinternet dengan aman dan damai.

Nah, singkat cerita, aku sedang keluar kota, dan sebagai blogger teladan, tentu ada diluar kota, masih saja mikirin blog, dan punya inisiatif ngeblog, untuk ngilangin kejenuhan, plus ingin dapat dollar lah. hehe

Akhirnya, ane coba pakai hotspot dari smartphone, ya meski jadul, tapi sudah mendukung 4G lah, gaul kan? disinilah masalah itu bermula.

Saat aku mulai koneksikan laptop pakai hotspot handphone, terhubung dengan baik, tapi ternyata pas buka google chrome, eh tidak bisa terhubung dengan internet.

Selaku penikmat internet, aku tidak langsung menaruh curiga pada windowsnya, tapi pada settingan handphone, eh pas aku cek ternyata tidak ada masalah.

Bahkan, sahabat ane sendiri numpang wifi Hp, ternyata baik-baik saja, dia santai aja internetan, pakai kuota gue bro, bayangin deh hehehe.


Akhir Cerita

Singkat saja, aku tak mau cerita bagaimana sedihnya diriku, sakitnya hatiku, rasanya tersayat-sayat, hehehe.

Akhirnya, aku mulai curiga pada instalasi driver, tapi masalahnya, kasus ini sangat berbeda dengan yang pernah aku tulis, yakni penyebab munculnya notifikasi windows was unable to connect to.

Artinya, driver baik-baik saja, ok lah, aku mulai curiga pada alat penelusurannya, yakni pada google crhome yang aku pakai.

Meski tidak yakin, sebab aku sempat pakai aplikasi lain, yakni operamini, uc-browser, plus internet explorer bawaan windows, tetap saja tidk bisa internetan.

Tapi, ane tetap pada keyakinan, bahwa yang error adalah alat penelusurannya, (dari pada curiga pada windows, harus install lagi, capek).

Solusinya?

Nah, akhirnya aku menemukan masalah laptop/ komputer yang sudah konek, tapi tidak bisa internetan, disebabkan ada kesalahatan setting pada alat penelusuran.

Begini cara mengatasinya :

  1. Buka Google Crhome kalian
  2. Klik menu, biasanya pada bilah atas sebalah kanan
  3. Pilih Setting
  4. Cari "Open Proxy Setting"
  5. Pada kolom "Dial-up and Virtual Private Network Settings" Pilih koneksi yang kamu pakai, misalnya pakai provider telkomsel dan lain-lain, klik Setting
  6. Pastikan, pada menu "Automatic Configuration", kalian centang "Automatically Detect Settings", klik OK
  7. Terus pada pilihan Local  Area Network Settings, tekan "LAN Setting" dan lakukan seperti nomor enam
Cara Mengatasi Komputer / Laptop Konek Tapi Tidak Bisa Internetan

Keterangan Tambahan.

Mungkin sahabat bertanya, apa perbedaan Dial-up and Virtual Private Network Settings Vs  Local Area Network Settings. Ya kan? Eh tidak ya? hehe.. oke penjelasan berikut hanya sebatas pengetahuan dan nambah inpirasi saja.
  • Dial-up and Virtual Private Network Settings : adalah koneksi internet yang digunakan menggunakan virtual private, biasanya pakai modem, atau koneksinya pakai kartu
  • Local  Area Network Settings, adalah koneksi internet menghubungan jaringan LAN, biasanya pakai wifi tetangga kayak ane gan hahaha.
Paham? gak paham? sama. hehe, yaudah gitu saja tips dan inspirasi dari ane gan, bagi yang sedang bingung cara atasi laptop konek tapi tidak bisa internetan, semoga saja obat diatas mujarab hehe.

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Komputer / Laptop Konek Tapi Tidak Bisa Internetan"

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top