Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Cara Setting Domain Freenom Ke Blogspot Dalam 5 Menit

Membangun sebuah blog bagi sebagian besar orang memang sulit, tapi kesulitan tersebut sebenarnya disebabkan mereka tidak paham tekniknya.

Bagi yang sudah memiliki pengalaman, membangun blog, mulai mendesign, melengkapi, menulis, optimasi akan terasa sangat mudah.

Cara Setting Domain Freenom Ke Blogspot Dalam 5 Menit


Artinya, jika ada seorang yang beranggapan memmbuat satu blog sulitnya hidup semati, itu disebabkan karena kurang terbiasa saja.

Nah, salah satu kewajiban seorang blogger, bukan hanya bisa menulis, tapi juga melengkapi blognya dengan berbagai macam atribut, agar bisa terlihat profesional, dan pengunjung bisa betah.

Namun, juga harus bisa customisasi domain, apa itu domain? saya tidak akan menjelaskan panjang lebar apa definisi domain.

Tapi intinya, domain itu alamat sebuah aplikasi, laman/ pages, atau blog. Untuk lebih mudahnya, domain biasa diistilahkan dengan sebuah URL/ Link.

Manfaat Domain Bagi Sebuah Blog

Domain yang baik, adalah domain yang sesuai dengan nama blog, misalnya nama blog "Oim Info", ya domainnya terdiri dari kata oiminfo, bukan ngawurinfo.com , apalagi infosesat.com hehe.

Intinya, ada kesesuaian antara alamat web dengan nama yang dipakai.

Selain itu, domain yang baik, juga domain yang memiliki kata kunci, mengapa? ya agar pengunjung bisa dengan mudah menemukan blog, hanya dengan mencari di google.

Jika kalian bertanya, apa itu manfaat domain bagi blog, maka saya jawab, setidaknya ada 5 manfaat utama domain bagi blog.
  1. Mempercantik blog
  2. Memperlihatkan profesionalisme blog
  3. Memberikan akses pada pengunjung, bayangkan jika sebuah blog tak memiliki domain? sama halnya kalian mengirim surat tapi tak tau alamatanya, itu namanya alamat palsu hehe.
  4. Identitas blog, artinya, blog yang memiliki akhiran tertentu, seperti dot com, dot net, merupakan salah satu ciri dari blog.

Cara Customisasi Domain Freenom Di Blogger

Customisasi domain, biasanya dilakukan seorang blogger saat ingin mengganti domain gratisannya, dengan domain berbayar.

Tapi itu tidak tentu, sebab kita bisa mengganti domain gratis kita dengan domain yang gratis pula. 

Tentu salah satunya kita harus memiliki domain gratis tersebut, dimana bisa mendapatkan domain gratis? wah banyak sekali, salah satunya yang paling terkenal adalah freenom, oleh karenanya tulisan ini saya beri judul Cara Setting Domain Freenom Ke Blogspot Dalam 5 Menit

Agar proses setting domain freenom ke blogspot dalam lima menit ini bisa bejalan dengan sukses, sahabat harus persiapkan beberapa hal berikut ini :
  1. Sudah memiliki atau minimal sudah menemukan domain yang ready di freenom
  2. Memiliki blog berplatform blogger/ blogspot
Agar tulisan ini tidak semakin panjang, saya anggap sahabat sudah memiliki domain atau setidaknya sudah ada domain ready stok dari freenom. ok? Kemudian, ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

1. Buka blogspot sobat, pada dashbor, pilih Setelan => Dasar => tekan "Siapkan URL pihak ke=3 untuk blog anda.
Setting Domain Freenom Ke Blogspot

2. Sahabat akan masuk pada halaman yang berisi kolom, silahkan isi domain dari freenom yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Jangan lupa, isi menggunakan "www", lalu tekan "Simpan"
Setting Domain Freenom Ke Blogspot

3. Setelah disimpan, maka akan ada error, abaikan saja, yang terpenting anda ambil dan simpan kode yang berada pada Bidang Nama, Label, atau Host, serta Bidang Target.

Setting Domain Freenom Ke Blogspot

4. Tahap berikutnya, silahkan sobat login ke akun freenom, untuk melakukan setting DNS, dan mengrahkan domain tersebut ke blogspot. Setelah login, pilih domain yang akan disetting DNSnya, selanjutnya secara berurutan, tekan Manage Domain => Manage Freenom DNS =>

Setting Domain Freenom Ke Blogspot

Setting Domain Freenom Ke Blogspot
5. Selanjutnya, anda akan masuk pada halaman baru, yang berisi setting DNS dari freenom. tambahkan kolom yang ada menjadi enam bagian, dan isi setiap kolom seperti contoh dalam gambar :
Setting Domain Freenom Ke Blogspot
Keternangan :
Kolom 1 sampai 4 :
Name = biarkan kosong
Type = Pilih A
TTL = 14440
Target = isi berurutan kode berikut ini

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Kolom 5  dan 6 :
Name dan Tager, isi dengan bidang nama dan target, seperti pada langkah nomor 3.
Type = CNAME
TTL = 14440

6. Langkah terakhirm tekan Save. jika sukses, maka akan ada notifikasi berwarna hijau.
7. Kembali kelangkah nomor dua diatas, masukkan kembali domain "ingat, gunakan www". Jika sukses, maka tidak akan lanjut pada langkah ke-tiga, melainkan sukses tersimpan.
8. Langkah terakhir, tekan edit pada domain yang sudah terpasang, dan centang Alihkan.

Dan langkah kedelapan ini adalah langkah terakhir, setelah saya coba langkah-langkah diatas, ternyata memang hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit, yang terpenting koneksi internet stabil.

Nah, demikianlah Cara Setting Domain Freenom Ke Blogspot Dalam 5 Menit, ingat ini berdasarkan pengalaman saya pribadi, mungkin yang lain ada yang lebih lama. hehehe.
Tag : Blogging
6 Komentar untuk "Cara Setting Domain Freenom Ke Blogspot Dalam 5 Menit"

saya pernah pakai domain ini mas waktu awal ngeblog,kalau gk salah 2013 lalu jadi nostalgia haha.

sampai saat ini masih eksis bang hehehe

cara mengatasi domain yang kena suspen di freenom gmn?

Domain terkenak suspend? mungkin karena sudah sampai ambang batas

cara supaya domain yg status suspend itu bisa aktif lagi gmn gan solusinya.?

Domain freenome suspend, bisa ada dua kemungkinan, satu karena masa aktifnya sudah habis, solusinya silahkan perpanjang dan berbayar, sebab memang masa gratisnya hanya satu tahun. kedua mungkin ada settingan domain yang keliru, sehingga pihak pengembang melakukan suspend, solusinya silahkan hubungi kontak pengembang

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top