Selasa, 22 Januari 2019

Penyebab Utama Penghasilan Google Adsense Menurun Di Awal Tahun

Banyak para publisher Google Adsense yang bertanya-tanya, mengapa di bulan januari, seperti awal tahun ini, penghasilan mereka menurun drastis?

Penghasilan Google Adsense Menurun Di Awal Tahun

Anehnya, kejadian itu merata, bukan hanya terjadi pada pemain Adsense di blog, youtuber, atau bahkan Admob, juga bernasib sama.

Padahal, jumlah pengunjung blog maupun channelnya masih lumayan stabil, bahkan kadang cenderung meningkat.

Nah, persoalan demikian, sebenarnya lumrah terjadi. Para publisher yang sudah berpuluh tahun pastinya akan menyadari penurunan penghasilan mereka tiap awal tahun.

Tapi bagi pemula di dunia Advertise tentu mengagetkan, pasalnya mereka baru saja bahagia saat akhir tahun sebelumnya, yang mana penghasilannya bisa meningkat hingga 100 % dari biasanya.

Intinya, penurunan CPC Adsense di awal tahun, sangtlah lumrah, tapi belum banyak yang tahu sebab penurunan tersebut. berikut ini ulasannya.

Sebab Penurunan CPC Google Adsense Di Awal Tahun.

Seperti dimaklumi bersama, iklan yang tampil di beberapa platform melalui program Google Adsense, sesuai dengan pembelian slot iklan oleh Advertiser.

Secara sederhana, mereka membeli slot iklan melalui Adwords, untuk memasarkan produk mereka, yang nantinya akan ditayangkan oleh para publisher.

Di awal tahun, Advertiser akan menurunkan bugdet pembelian slot iklan tersebut, sebab pada akhir tahun sebelumnya, mereka sudah menggelontorkan sejumlah biaya, terutama mereka yang ingin mengejar target akhir tahun.

Sebagai contoh, Misalnya Yamaha, mereka di akhir tahun 2018, akan mengeluarkan budget untuk membeli slot iklan secara besar-besaran.

Dengan tujuan, agar ada pertumbuhan produk yang terjual di akhir tahun, sebab akhir tahun menjadi peluang besar mereka untuk mencapai target penjualan.

Dan di awal tahun, mereka tentu saja baru menyelesaikan laporan tahunan atau biasa diistilahkan dengan tutup buku. Selanjutnya, mereka akan mengevaluasi strategi promosi sepanjang tahun 2018, sebagai acuan di tahun berikutnya.

Secara sederhana, setidaknya ada tiga faktor penyebab penurunan CPC Google Adsense setiap bulan Januari, berikut penjelasannya.

1. Penurunan Harga Lelang Harian

Di google Adwords, terdapat firut harga iklan perklik, yang nantinya dimasukkan dalam slot iklan yang dipasang oleh para advertiser.

Nah, biasanya di awal tahun, mereka akan menurunkan rasio harga klik tersebut. Sebagai contoh, jika dihari biasa, mereka berani memasang harga 3000 perklik, namun di awal tahun, mereka memilih menurunkan harganya menjadi 500 rupiah saja.

2. Penurunan Budget Iklan Harian

Para advertiser di Google Adwords biasanya akan menurunkan budget pembelanjaan slot iklan mereka di awal tahun.

Jika di hari-hari biasa mereka terbiasa mematok biaya iklan harian sebesar 2 juta, untuk akhir tahun mereka akan menurunkan biaya promosi, hingga 600-500 ribu saja per hari.

Akibatnya, iklan mereka jarang tampil di Google Adsense, dan tentunya nilai CPC akan juga ikut turun.

3. Penurunan Kampanye Iklan

Selain penurunan Harga Lelang Iklan, dan Penurunan Budget belanja iklan, para Advertiser juga cenderung menonaktifkan kampanye iklanya.

Hal ini tentu menjadi salah satu sebab utama, mengapa banyak iklan yang tidak muncul di Google Adsense, sebab terjadi penurunan rasio kampanye iklan yang sudah dinonaktifkan.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan, bahwa secara umum penurunan CPC Google Adsense di awal tahun diakibatkan penurunan harga iklan yang dipasang oleh Advertiser melalui Adwords.

Disisi lain, iklan-iklan itulah yang nantinya akan ditampilkan di Google Adsense di berbagai platform, baik blog, yotube, maupun aplikasi versi Android (melalui Admob)

Para Advertiser baru saja melakukan tutup buku untuk tahun sebelumnya, dan akan menjadi bahan evaluasi untuk pemasangan iklan ditahun berikutnya.

Maka, selain mereka akan menurunkan rasio pembelanjaan iklan harian, atau harga lelang iklan, mereka juga tidak mau terburu-buru menggelontorkan biaya iklan kembali di akhir tahun.

Mereka akan mencari strategi yang lebih baik, dengan merujuk evaluasi strategi promosi di tahun sebelumnya.

Santri Blogger, Pegiat Dunia Website, Elektronik Dan Online.

4 comments

masuk akal juga sih, awal bulan duitnya abis bua liburan lah wkwkwk

Bukan hanya masuk akal kang, tapi memang realitanya begitu kalau melihat pergerakan di dashbor adwords

Duhay senang sekali membaca ini, jadi tahu alasan kenapa terjadi penurunan, meskipun ... GA saya sedang bermasalah gegara ganti domain hahah :D

Setelah main adsense 4 tahun...turun naik sudah nggak kaget....tar juga waktunya naik akan naik sendiri.Saya sih fokus ke blognya saja...

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar
EmoticonEmoticon