Sabtu, 02 Mei 2020

Cara Buat Live Streaming Di Facebook Dengan hp Android

OimInfo | Bagaimana kabarnya sahabat? sudah lama Kang Oim tidak menyapa sahabat, pasti sudah pada kangen ya? palingan. Dan saya juga berharap sahabat sekalian tetap dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.

Cara Buat Live Streaming Di Facebook Dengan hp Android

Jadi kali ini saya ingin cerita dulu, gimana kok akhirnya bikin tulisan dengan judul diatas? Jadi mungkin sahabat sudah membaca banyak sekali tutorial tentang cara live streaming, dan caranya rata-rata cukup mudah.

Mengapa demikian? khususnya untuk media sosial sekelas facebook, di sana sudah disediakan fitur untuk melakukan siaran langsung.

Sahabat yang ingin melakukan siaran langsung, tinggal tekan saja tombol "siaran langsung", jadi deh kayak artis.

Tapi, bukan live streaming kayak gitu yang saya maksud, tapi siaran langsung yang lebih profesional lah, misalnya ada bingkainya, ada tulisannya di bagian bawahnya.

Alasan kedua, juga karena kebutuhan. Maksudnya? ya, saat ini kan lagi masa-masa pandemi virus corona covid-19, yang semua sudah paham, diharapkan belajar, bekerja hingga beribadah dari rumah, atau bahasa kerennya Work From Home, atau Work For Home, entah apa sajalah, yang intinya sahabat diem di rumah saja.

Akhirnya, banyak sekali kegiatan yang biasanya dilakukan secara langsung, terpaksa pindah haluan, dengan cara sistem online.

Nah, termasuk juga dengan sistem pendidikan, kegamaan, dan lain sebagainya, sekarang banyak dilakukan secara online.

Maka wajar, jika sahabat pengguna media sosial, termasuk facebook, akan banyak sekali ditemukan di beranda sahabat siaran langsung pengajian, atau live streaming lainnya.

Oke, biar tidak terlalu panjang, dan intinya saya ingin berbagi tips dan tahapan cara bisa live streaming di facebook hanya dengan android, tapi akan terlihat lebih profesional. Penasaran? oke lanjut bacanya ya.

Cara Buat Siaran Langsung Di Facebook dari Android
Seperti yang saya jelaskan di atas, untuk melakukan live streaming di Facebook dengan Android pada dasarnya sangat mudah sebab Facebook sendiri telah menyediakan fitur agar penggunanya dapat melakukan siaran langsung dengan cara menekan tombol yang sudah disediakan saat akan menekan posting status.

Telepon jika sahabat ingin melakukan siaran langsung di Facebook dengan tampilan lebih profesional hanya menggunakan Android maka Disini saya akan mengulasnya lebih lengkap.

#1 Cara pertama tanpa aplikasi tambahan

Cara yang pertama ini cukup sederhana seperti yang sudah saya singgung di atas. Ya ini cukup dengan menekan tombol siaran langsung di bagian kolom status untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam gambar berikut

Namun jika sahabat ingin tampilan videonya Tidak berbentuk poster dan ingin tampilannya berbentuk landscape maka caranya juga cukup mudah.

Sebelum melakukan siaran langsung, dulu sahabat harus melakukan setting pada HP Android Yakni dengan cara memilih tampilan HP dengan landscape. Coba perhatikan dalam gambar berikut.

Kemudian Buka aplikasi Facebook dan tetaplah pegang handphone dalam posisi miring atau landscape maka dengan demikian tampilan video pada live streaming makan juga berbentuk landscape.

Dan jika ingin tampilan videonya memiliki tulisan di bagian depan seperti halnya siaran langsung yang lebih profesional. Apakah sahabat bisa menambahkan bingkai. Bagaimana cara menambah bingkai untuk kebutuhan live streaming di Facebook? Silakan baca pada tulisan berikut :

#2 Cara kedua menggunakan aplikasi tambahan

Sebelum saya Jelaskan beberapa aplikasi yang bisa membantu melakukan siaran langsung di Facebook menggunakan Android perlu sahabat pahami terlebih dahulu kenapa juga dibutuhkan aplikasi ketiga untuk melakukan live streaming dan apa fungsinya.


Aplikasi tambahan untuk streaming biasanya dibutuhkan untuk menampilkan siaran langsung layar hp. biasanya dipakai para gammers, untuk "pamer" permainan game mereka.

Atau biasanya, juga digunakan untuk siaran langsung seperti biasa, maksudnya untuk menampilkan gambar dari kamera. Tujuannya, agar tampilannya lebih profesional.

Pasalnya, beberapa aplikasi untuk live streaming di facebook ini, diberi fitur-fitur menarik yang bisa sahabat edit sesukanya.

Lantas apa fungsi aplikasi ketiga itu? Jadi, aplikasi tersebut berfungsi untuk menyimpan tampilan video, selanjutnya kita hanya butuh menampilkannya pada fitur di facebook.

Jadi, cara kerjanya, aplikasi akan menyediakan tampilan (apakah kamera hp atau layar hp), kemudian aplikasi menyediakan kolom yang berisi alamat untuk ditampilkan.
 
Selanjutnya, di facebook, kita buat siaran langsung baru, nanti di sana akan disediakan alamat untuk menampilkan video.
 
Nah, alamat pada facebook yang telah disediakan itu nantinya akan kita paste / copy di bagian kolom yang disediakan di aplikasi.
 
Untuk lebih detailnya tahapan-tahapan siaran langsung menggunakan beberapa aplikasi, sudah banyak dijelaskan di blog-blog atau tutrial di youtube.
 
Saya sendiri punya salah satu tulisan khusus tentang sala satu caranya, coba sahabat baca nanti di tulisan "Cara Live Streaming Facebook Dengan Streambleb"
 
Jadi, tulisan tentang Cara Buat Live Streaming Di Facebook Dengan hp Android, adalah tulisan berkelanjutan, agar tutorialnya juga cukup lengkap, masing-masing akan saya tulis pada postingan yang berbeda. Terimakasih sahabat sudah mengunjungi blog pribadiku.



Santri Blogger, Pegiat Dunia Website, Elektronik Dan Online.

This Is The Newest Post

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar
EmoticonEmoticon